Menu Sehat Lokal

Tampilan Makanan Lebih Cantik dengan 5 Bahan Alami Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 16 Jan 2019 17:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Makanan Lokal Sehat
Jakarta - Penggunaan pewarna sintetis bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Sama-sama hasilkan warna yang cantik, 5 bahan ini bisa diolah dengan makanan enak.

Makanan yang pucat tentu akan menghilangkan selera. Tapi dengan pemberian sedikit sentuhan warna, tentu pandangan Anda akan selalu ingin mencicipnya. Sudah ada sejak dulu, banyak orang yang memanfaatkan sayur, buah hingga bunga untuk campuran makanan dan juga minuman. Apa saja ya?

1. Bunga telang

Tampilan Makanan Lebih Cantik dengan 5 Bahan Alami IniFoto: iStock

Untuk mendapatkan warna ungu dan biru banyak orang yang memanfaatkan bunga telang. Bunga telang yang diseduh dengan air akan menghasilkan warna biru dan rasa yang unik. Warna biru ini mengandung banyak antioksidan. Warna ungu dan biru merupakan antioksidan yang berasal dari golongan antosianin.

Bunga telang ini banyak tumbuh dipekarangan bunganya berwarna biru terang. Di Asia Tenggara sering dimanfaatkan untuk pewarna makanan. Sedangkan ekstrak bunganya sering dipakai untuk mewarnai ketan di Malaysia. Kalau di Thailand, air berwarna biru pada tanaman ini digunakan untuk minuman penyegar dan dikenal sebagai nama dok anchan.

Baca juga: Diseduh dari Bunga Telang, Minuman Teh Ini Warnanya Biru Ungu!

2. Daun suji

Tampilan Makanan Lebih Cantik dengan 5 Bahan Alami IniFoto: Istimewa

Sebenarnya daun suji dan daun pandan ini berbeda. Sama-sama menghasilkan warna hijau namun daun suji warnanya lebih pekat ketimbang dengan daun pandan. Daun suji lebih sering digunakan untuk pewarna dan daun pandan sebagai aroma.

Daun suji biasanya digunakan untuk mengolah beberapa jenis kue basah seperti klepon hngga pisang ijo. Apapun yang sifatnya rasa manis atau dessert selalu menggunakan daun suji sebagai pewarnanya.

3. Kunyit

Tampilan Makanan Lebih Cantik dengan 5 Bahan Alami IniFoto: Istimewa

Kunyit memiliki warna kuning cerah yang dapat membuat makanan terlihat cantik. Cukup aduk kunyit ke dalam air dan didihkan sampai warna yang diinginkan. Kemudian, saring air rebusan tersebut agar menghasilkan warna yang lebih terang untuk dicampurkan dalam buttercream. Anda juga bisa menggunakan bubuk kunyit untuk menambahkan warna pada nasi, mie, kue, puding atau krim.

Baca juga:Gunakan Bit, Kunyit, dan Bayam untuk Pewarna Alami yang Lebih Sehat (1)

4. Bit

Tampilan Makanan Lebih Cantik dengan 5 Bahan Alami IniFoto: iStock

Buah bit memiliki varian warna yang berbeda, dari warna merah dan merah keunguan. Gunakan bit merah untuk puding atau cake red velvet dan kue bolu untuk warna merah marun hingga merah muda. Menghasilkan warna yang cantik, akan tetapi bit ini bisa meninggalkan aroma yang kurang sedap seperti tanah.

Namun jika benar cara mengolahnya dan tepat jumlahnya tentu akan menghasilkan produk yang bagus. Buah bit sering digunakan dalam campuran mie kering ataupun basah.

5. Wortel

Tampilan Makanan Lebih Cantik dengan 5 Bahan Alami IniFoto: iStock

Anda dapat menggunakan bagian atas wortel untuk mendapatkan warna oranye yang terang. Gunakan warna alami dari wortel untuk cupcake, omelet atau puding. Selain menyehatkan, wortel juga mengandung banyak vitamin dan juga antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Untuk mendapatkan warna cerah dari wortel, Anda dapat menghaluskan wortel atau memarutnya dan menyaring sarinya. Kemudian campurkan ke dalam adonan atau makanan yang diinginkan. (lus/odi)
FOKUS BERITA Makanan Lokal Sehat