Teh Klasik Hingga Kekinian

Diseduh dari Bunga Telang, Minuman Teh Ini Warnanya Biru Ungu!

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 26 Feb 2018 19:55 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Bukan berwarna cokelat. Teh dengan campuran bunga ini memiliki warna biru yang cantik. Bahkan kalau diberi perasan air lemon warnanya menjadi ungu.

Meskipun sedang populer namun makanan atau minuman dengan paduan bunga ini sudah ada sejak zaman dulu. Bunga telang atau yang sering dinamai butterfly pea ini biasanya tumbuh di pekarangan atau tepi hutan. Bernama latin Clitoria Ternatea, bunga telang pertama kali tumbuh di Asia kemudian diperkenalkan ke Afrika, Australia hingga Eropa.

Baca juga: Uniknya Minuman Segar Berwarna Biru Alami dari Bunga Telang

Diseduh dari Bunga Telang, Minuman Teh Ini Warnanya Biru Ungu!Foto: iStock

Bahkan beberapa negara seperti Malaysia dan Thailand sangat menyukai bunga ini berkat warnanya yang cantik. Bunga telang punya bentuk daun bulat panjang dan tumpul. Warna bunganya biru tua terang dengan lebar sekitar 3 cm. Ada beberapa varietas punya warna bunga putih.

Kini ada butterfly pea flower tea yang isiannya berupa sepaket teh berisi bunga telang dan sereh kering. Biasanya 5 sendok teh campuran teh ini dicampur dengan 250 ml air kemudian diseduh dengan air mendidih selama 5-15 menit. Warna seduhan tehnya akan berubah menjadi biru pekat dengan sensasi rasa earthy dan woody, mirip seperti teh hijau kualitas baik.

Minuman ini kerap kali ditambahkan dengan lemon atau jeruk nipis dengan tambahan gula aren. Tak hanya enak, minuman dengan paduan bunga telang ini juga dipercaya dapat menyehatkan rambut dan penglihatan serta meningkatkan kesuburan.

Selain minuman, bunga telang juga bisa dipadu ke dalam makanan. Misalnya saja di Malaysia, ekstrak dari bunga ini sering dipakai untuk campuran beras ketan. Di daerah Kelantan, kuncup bunga ini dicampur ke dalam nasi putih untuk membuat nasi kerabu.

Diseduh dari Bunga Telang, Minuman Teh Ini Warnanya Biru Ungu!Foto: iStock

Sedangkan kalau di Thailand, ada minuman berwarna biru bernama Nam Dok Anchan yang berbahan seduhan teh bunga telang kering. Dengan rasa asam karena dicampur dengan jus sitrus sehingga warnanya berubah menjadi pink ungu.

Di beberapa kafe di Thailand, terdapat kreasi latte dan macchiato dengan campuran bunga telang. Bahkan akhir-akhir ini juga muncul blue matcha yang dibuat dari serbuk matcha biru yang diracik dari butterfly pea plant yang dikeringkan yang cocok dinikmati menjadi sajian smoothies.

Baca juga: Kenalin Nih, Blue Matcha yang Sedang Populer di Instagram (adr/odi)