Minuman Segar dan Trendi

Uniknya Minuman Segar Berwarna Biru Alami dari Bunga Telang

Maya Safira - detikFood Selasa, 26 Sep 2017 13:42 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Bunga telang belakangan makin populer. Memberi warna biru alami, minuman ikut diberi campuran bunga ini.

Butterfly pea, blue pea atau bunga telah biasa ada di pekarangan atau tepi hutan. Bernama latin Clitoria Ternatea, bunga telang pertama kali tumbuh di Asia. Kemudian diperkenalkan ke Afrika, Australia maupun Amerika.

Uniknya Minuman Segar Berwarna Biru Alami dari Bunga TelangFoto: iStock


Bunga telang punya bentuk daun bulat panjang dan tumpul. Warna bunganya biru tua terang dengan lebar sekitar 3 cm. Ada beberapa varietas punya warna bunga putih.

Baca juga: Wouw! Cantiknya Selai Apel Warna Biru Buatan Jepang Ini!

Negara di Asia Tenggara cukup banyak memanfaatkan bunga telang untuk pewarna makanan. Di Malaysia, ekstrak bunganya sering dipakai untuk pulut (ketan). Bagian Kelantan, menambah kuncup bunga saat masak nasi putih sehingga warnanya jadi ada jejak kebiruan ini. Makanan dikenal sebagai nasi kerabu.

Sementara di Thailand, terdapat minuman biru bernama nam dok anchan yang berbahan seduhan bunga telang kering. Kadang dikonsumsi dengan campuran jus sitrus untuk meningkatkan keasaman. Warna jus jadi berubah pink ungu.

Uniknya Minuman Segar Berwarna Biru Alami dari Bunga TelangFoto: iStock


Nam dok anchan bisa juga dicampur madu. Untuk varian dingin, kadang diberi mint, kayu manis, markisa atau jahe. Mengenai rasanya, teh bunga telang ini earthy dan woody, mirip teh hijau berkualitas baik menurut Bon Appetit.

Baca juga: Lucunya Kantung Teh Bentuk Ikan Paus, Kura-kura hingga Teripang!

Di Thailand pun ada kreasi latte bercampur bunga telang. Begitu juga dengan racikan macchiato.

Uniknya Minuman Segar Berwarna Biru Alami dari Bunga TelangFoto: iStock


Kini beberapa gerai minuman di Jakarta juga ikut menawarkan varian rasa campuran bunga telang. Salah satunya Chattaya Thai Drinks yang punya gerai di Mal Kelapa Gading 3 dan Plaza Semanggi.

Menu yang unik di sini yaitu Coco Island. Warnanya berlapis putih dan biru. Racikan minuman terbuat dari anchan flower tea (teh bunga telang) dan nata de coco.

Uniknya Minuman Segar Berwarna Biru Alami dari Bunga TelangFoto: Larbthaiid Instagram


Minuman serupa ada Larb Thai. Tersedia pilihan minuman bunga telang berwarna kebiruan dengan tiga rasa. Ada Butterfly Pea Original, Butterfly Pea Milk Tea dan Butterfly Pea Lemon. Tertarik mencoba? (msa/odi)