Keren! China Akan Coba Tanam Kentang dan Sayur Kol di Bulan

Sonia Basoni - detikFood Senin, 14 Jan 2019 16:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Minggu lalu, China menjadi negara pertama yang berhasil mendaratkan pesawat ruang angkasa di sisi jauh bulan. Mereka mencoba menanam kol hingga kentang di sana.

Berhasil mendaratkan Chang'e-4, China kini memiliki pesawat ruang angkasa yang sudah mendarat di sisi jauh permukaan bulan. Di sana para astronaut memiliki berbagai misi dan tugas yang akan dilakukan, salah satunya mencoba membangun ekosistem dengan menanam sayuran.

Baca Juga: Keren! Penumpang Bisa Cicip Makanan Astronot di Penerbangan Ini
Keren! China Akan Coba Tanam Kentang dan Sayur Kol di BulanFoto: Istimewa
Dikabarkan Weather (07/01), pesawat ini membawa kaleng berisi biji kentang, bunga, ulat sutra, hingga arabdopsis, sejenis tanaman yang memiliki gen seperti mustard dan kubis.

Nantinya kaleng ini akan diletakkan di dalam tabung kecil yang akan terpapar sinar matahari. Bagian terjauh dari bulan ini membuat suhu di sana lebih stabil, sehingga menurut NASA, memungkinkan untuk rumbuhan dan biji kentang tumbuh.

Sisi terjauh dari bulan ini, merupakan sisi bulan yang biasa kita lihat dari bumi.
Keren! China Akan Coba Tanam Kentang dan Sayur Kol di BulanFoto: Istimewa
Setelah menaruh kaleng di dalam tabung, nantinya tumbuhan ini akan memberikan oksigen, yang membantu ulat sutra muncul dari kepompong mereka. Ulat ini berguna untuk menghasilkan karbon dioksida dan limbah, yang membantu pertumbuhan tanaman.

"Eksperimen kami mungkin dapat mengakumulasi pengetahuan tentang bulan, dan kehidupan di bulan," ungkap Liu Hanlong selaku salah satu peneliti yang berasal dari University Chongqing, China.

Salah satu tantangan terbesar dari para astronot China adalah, mereka harus melawan cuaca ekstrem yang ada di bulan, di mana suhu udara akan turun dari 106 drajat celcius ke -147 drajat celcius di malam hari.
Keren! China Akan Coba Tanam Kentang dan Sayur Kol di BulanFoto: Istimewa
Meski begitu para peneliti di China sudah membuat desain percobaan untuk mencoba menanam kentang, dan arabidopsis karena pertumbuhannya yang cepat. Sehingga peneliti dengan mudah dapat mengamatinya.

"Kentang bisa menjadi sumber makanan utama bagi orang-orang yang berkunjung ke ruang angkasa di masa depan," tutur Hanlong.

Selain itu lebih dari 200 kiriman tentang desain 'lunar mini biosphere' atau desain biosfer di bulan, yang dikirimkan oleh ratusan pelajar dari China untuk membantu proyek ini.

Baca Juga: Kangen Berat pada Pizza, Astronot Ini Nekat Pesan Pizza dari Pesawat Luar Angkasa (sob/odi)