Tren Bisnis Kuliner

Ramai Peminat, Warung Bakso Kini Juga Pakai Sistem Kemitraan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 11 Jan 2019 19:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Tren Bisnis Kuliner
Jakarta - Bakso selalu ramai peminat, sampai-sampai beberapa warung bakso berani buka peluang kemitraan. Harganya bervariasi mulai dari Rp 4 juta sampai Rp 650 juta.

Jika tertarik punya warung atau kedai bakso, namun tak tahu harus mulai dari mana, paket kemitraan bisa jadi pilihan. Beberapa warung bakso ini bahkan sudah punya nama yang populer.

1. Bakso Benhil

Ramai Peminat, Warung Bakso Kini Juga Pakai Sistem KemitraanFoto: Istimewa

Foto: dok. detikcom
Bakso Benhil tergolong franchise bakso populer. Dengan modal Rp 4 juta, para mitra berkesempatan buka warung bakso. Pemilik Bakso Benhhil, Barudi Dewanto menjelaskan ke depannya tak ada franchise fee dan royalty fee yang akan dibebankan pada mitra.

Dari modal Rp 4 juta itu, mitra bisa memperoleh bahan baku produk untuk sekitar 500-600 porsi. Mengenai harga jual, terserah dari mitra. Hanya saja sudah harga standar yang ditetapkan Bakso Benhil. Untuk menu, Bakso Benhil menjual bakso daging, urat halus, besar dan bakso super jumbo.

Baca Juga: Dengan Uang Rp 4 Juta Sudah Bisa Punya Bisnis Bakso Benhil Sendiri

2. Bakso Kaget

Ramai Peminat, Warung Bakso Kini Juga Pakai Sistem KemitraanFoto: Istimewa

Foto: Instagram baksokagetsesetan
Bakso Kaget menawarkan 8 varian bakso dengan isi 'kejutan,' tergantung apa yang didapat pembeli. Untuk urusan bisnis, Bakso Kaget pernah mendapat penghargaan Best Seller Franchise 2010 dan Best Brand 2014.

Jika tertarik menjalin kemitraan, Bakso Kaget punya paket gerai yang diperuntukkan bagi mitra untuk buka usaha bakso di ruko, kios, atau foodcourt. Harga normalnya Rp 80 juta sudah termasuk booth, mangkuk bakso, sendok garpu, bahan membuat bakso, hingga seragam operasional pegawai. Ada juga paket usaha Bakso Kaget dalam bentuk motor 3 roda.

3. Bakso Bom

Ramai Peminat, Warung Bakso Kini Juga Pakai Sistem KemitraanFoto: Istimewa

Foto: Instagrambaksobom
Usaha bakso Wonogiri juga ada dalam bentuk kemitraan. Namanya Bakso Bom Mas Erwin yang menghadirkan ragam mie ayam dan bakso dengan isian enak seperti urat, telur, smoked beef, dan sosis.

Paket kemitraan Basko Bom untuk versi warung harganya Rp 45 juta. Sudah termasuk gerobak bakso, panci bakso, kompor, brosur, seragam karyawan, dan papan nama. Tak ketinggalan 450 butir bakso untuk berjualan. Paket kemitraan lain dalam bentuk restoran dibanderol Rp 215 juta.

4. Bakso Klenger

Ramai Peminat, Warung Bakso Kini Juga Pakai Sistem KemitraanFoto: Istimewa

Foto: Istimewa
Konsep kemitraan turut ditawarkan Bakso Klenger Mas Agus (BKMA) yang berdiri sejak 2014. Gerai bakso ini menyediakan lebih dari 20 pilihan menu seperti bakso mercon, bakso solo, bakso super mozzarella, dan bakso telur asin.

Kalau tertarik bermitra ada paket sistem kerja sama mandiri dan sistem kerja sama under management sebagai pilihan. Bedanya kalau mandiri, mitra benar-benar menjalankan usahanya sendiri. Sementara under management adalah usaha dikelola dan dikerjakan manajemen BKMA.

5. Bakso Rusuk Joss

Ramai Peminat, Warung Bakso Kini Juga Pakai Sistem KemitraanFoto: Istimewa

Foto: Istimewa
Terkenal dengan kreasi bakso unik, Bakso Rusuk Joss membuka peluang kemitraan. Tersedia dalam pilihan paket regular dan paket komplet seharga masing-masing Rp 150 juta dan Rp 650 juta.

Pihak Bakso Rusuk Joss bahkan menjanjikan penghasilan Rp 80 juta per bulan. Yang perlu dilakukan calon mitra adalah menyiapkan tempat. Sementara untuk di luar Jabodetabek, harga paketnya Rp 250 juta.

Baca Juga: Ini Bakso Bentuk Buaya dengan Kuah Jablay Super Pedas, Mau Cicip?

(adr/odi)
FOKUS BERITA Tren Bisnis Kuliner
CNN World Now
×
World Now
World Now Selengkapnya