Wouw! Vending Machine Ini Jual Aneka Serangga Kering

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 10 Jan 2019 14:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Jepang merupakan rajanya vending machine atau mesin penjual otomatis menawarkan hampir segala jenis produk. Salah satunya aneka serangga yang dijual sebagai camilan populer.

Sejak bulan Oktober tahun lalu, kehadiran vending machine yang menjual aneka camilan dari serangga, di wilayah Kumamoto, Jepang, langsung terkenal. Vending machine ini memang khusus untuk menjual makanan yang terbuat dari bahan dasar serangga.

Baca Juga: Tawon hingga Capung, Ini 10 Serangga yang Aman Dikonsumsi
Wouw! Vending Machine Ini Jual Aneka Serangga KeringFoto: Istimewa
Dilansir SoraNews24 (09/01), vending machine ini menjual 10 jenis produk makanan. Salah satunya ada kumbang badak yang punya tekstur renyah, lalu jangkrik, kumbang selam, hingga pupa yang mirip seperti ulat.

Kebanyakan serangga ini dikeringkan, lalu dimasukan dalam kemasan. Bahkan beberapa serangga dilapisi dengan cokelat, dan tekstur rasa yang tidak biasa.
Wouw! Vending Machine Ini Jual Aneka Serangga KeringFoto: Istimewa
Tersedia juga jangkrik dalam bentuk protein bar, dengan harga yang paling murah di vending machine ini, yaitu sekitar 700 yen (Rp. 91.000,-). Ada pula produk yang lebih mahal, yaitu jangkrik berbumbu gurih dengan harga 1.300 yen per bungkusnya (Rp. 234.000,-).

Semua produk serangga ini dipesan dari Thailand, termasuk pupa dan kumbang yang populasinya banyak di sana.

Vending machine ini awalnya dipasang oleh Tomoda Toshiyuki, selaku toko balon bernama Discover Ballon. Karena penasaran dengan serangga yang bisa dimakan, ia akhirnya mengeluarkan vending machine ini untuk melihat apakah warga Jepang, suka mengonsumsi serangga.
Wouw! Vending Machine Ini Jual Aneka Serangga KeringFoto: Istimewa
Ternyata camilan serangga ini laris di pasaran, dan berhasil menjual lebih dario 500 produk serangga setiap bulannya. Serta menghasilkan sekitar 500.000 yen (Rp. 65.000.000,-), per bulannya.

"Rasa serangga ini mirip seperti udang atau kerang. Paling enak disantap dengan tambahan mayonnaise dan sedikit paprika," tuturnya.

Serangga sendiri merupakan camilan yang populer di wilayah Asia. Bahkan banyak yang mengklaim bahwa serangga merupakan sumber protein baru, yang sehat untuk tubuh.

Baca Juga: Populer Sebagai Sumber Protein Baru, Permintaan Serangga Terus Meningkat (sob/odi)