Tren Bisnis Kuliner

Semua Bisa Berbisnis Kuliner dengan Usaha Franchise

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 09 Jan 2019 18:40 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Tren Bisnis Kuliner
Jakarta - Usaha kuliner banyak jenisnya. Salah satunya adalah usaha kuliner dengan sistem franchise yang membantu Anda dalam menyiapkan seluruh keperluan usaha.

Banyak orang yang ingin berbisnis kuliner, tetapi belum bisa langsung memulai kalau semua harus disiapkan sendiri. Karena bisnis kuliner bukan sekedar memiliki modal dan enterpreneurship tapi juga membutuhkan kreatifitas dan inovasi. Dan tidak semua orang dikaruniai bakat ini.

Baca juga: Ahli Marketing Prediksi Bisnis Kuliner Online Makin Populer Tahun 2019

Bagi yang ingin memulai usaha dengan branding yang sudah dikenal bisa melirik usaha franchise. Menurut seorang pakar pemasaran mengatakan jika suatu usaha akan sulit dioperasikan kalau tidak ada SOP bakunya, sehingga kurang efektif dan efisien.

Semua Bisa Berbisnis Kuliner dengan Usaha FranchiseFoto: Istimewa

Dengan menjadi mitra usaha, franchisor sudah menyiapkan semua konsep pemasarannya. Mulai dari konsumen, siapa segmen yang harus ditarget, produk yang akan dipasarkan dan bagaimana cara menjualnya.

Meskipun begitu, Hermawan Kartajaya selaku Founder and Chair of MarkPlus Inc mengatakan bahwa yang paling bagus kalau Franchisor juga harus memiliki konsep tentang PDB ( Positioning, Differentiation dan Brand) serta visi, misi dan nilainya.

Semua Bisa Berbisnis Kuliner dengan Usaha FranchiseFoto: dok. detikFood

"Franchisor tidak boleh hanya "menjual" franchise tapi juga harus bertanggung jawab untuk terus membina Franchise dan mengembangkan konsep Produknya sendiri," ungkap Hermawan kepada detikFood.

Baca juga: Biar Tak Rugi, Sebelum Beli Franchise 5 Hal Penting Ini Perlu Anda Cermati (lus/odi)
FOKUS BERITA Tren Bisnis Kuliner