Tren Bisnis Kuliner

Ahli Marketing Prediksi Bisnis Kuliner Online Makin Populer Tahun 2019

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 09 Jan 2019 14:20 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Tren Bisnis Kuliner
Jakarta - Beberapa tahun ini bisnis kuliner sedang 'booming'. Beragam jenis makanan bisa dipesan online dan digarap sebagai bisnis yang menjanjikan. Seperti apa prediksinya tahun ini.

Usaha makanan memang tak pernah sepi peminat. Namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita mengemas produk yang dijual agar ada sesuatu yang menarik. Bisnis kuliner biasanya bersifat lebih luwes sehingga mudah dipelajari.

Ahli Marketing Prediksi Bisnis Kuliner Online Makin Populer 2019Foto: iStock

Apalagi kini masyarakat di perkotaan sudah mulai dimudahkan dengan beragam aplikasi mobile dan media sosial. Tak perlu mendatangi gerai, makanan sudah bisa diantar langsung sampai di depan rumah. Ini juga bisa jadi peluang usaha bagi Anda yang ingin terjun ke bisnis kuliner.

Dengan bisnis online penawaran dan permintaan pun meningkat. Seseorang yang menawarkan produk lebih mudah menawarkan sesuatu yang baru dan pembeli pun lebih mudah mencari alternatif. Media yang digunakan berupa e-commerce atau pun berjualan melalui sosial media seperti Instagram.

Baca juga: Kini Semua Orang Bisa Buka Bisnis Makanan dan Minuman

Misalnya saja saat Anda sedang ingin makan bakso, cukup dengan bantuan aplikasi makanan pun sudah bisa diantar ke lokasi. Bahkan belanja kini sudah tak perlu datang ke supermarket atau pasar, cukup buka layar smartphone untuk memesan.

Ahli Marketing Prediksi Bisnis Kuliner Online Makin Populer 2019Foto: iStock

"Online sekarang juga sudah menjadi alternatif channel baru untuk memesan makanan dan minuman. Pengembangan OMNI Channel atau memilih toko dari lebih dari satu channel sudah berkembang. Online dan offline dapat diintegrasikan yakni memesan makanan online dapat dikirim atau diambil di suatu tempat," tutur Hermawan Kartajaya selaku Founder and Chair of MarkPlus Inc kepada detikFood (08/01).

Selain itu banyak juga tempat-tempat yang disediakan untuk tempat berjualan makanan seperti food court. Di hari libur, banyak kelurga jalan-jalan ke mall belum tentu membeli barang tapi hanya sekedar mampir untuk menikmati makanan atau minuman.

Ahli Marketing Prediksi Bisnis Kuliner Online Makin Populer 2019Foto: iStock

Bagi sesorang yang belum memiliki bekal pengetahuan kuliner, kini juga semakin dimudahkan dengan berbagai sekolah dan kursus kuliner yang berkembang dimana-mana. Hal inilah yang kemudian akan melahirkan produk-produk terbaru yang nantinya memiliki nilai jual.

Ahli Marketing Prediksi Bisnis Kuliner Online Makin Populer Tahun 2019Foto: iStock

Bahkan pakar pemasaran yang memiliki julukan sebagai Marketing Guru dari Indonesia ini juga mengatakan bahwa prioritas orang saat ini sudah pindah ke 'Enjoyment' dan 'Experience based'. Ketimbang keinginan untuk memiliki sesuatu atau ownership-based.

"Banyak orang yang berpikir lebih baik travelling dan kulineran daripada membeli mobil atau pun rumah," Jelas Hermawan Kartajaya yang pernah masuk list Chartered Institute of Marketing, UK sbg "50 Gurus who has shaped the Future of Marketing" di tahun 2003.

Baca juga: Bagi Pemula, Ini 5 Keuntungan Bisnis Sistem Franchise (lus/odi)
FOKUS BERITA Tren Bisnis Kuliner