Rekomendasi Tempat Makan

Kangen Suroboyo? Yuk, Jajan Rujak Cingur, Rawon dan Soto Enak di 5 Tempat Ini!

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 08 Jan 2019 11:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Rasa pedas gurih bikin makanan Jawa Timur selalu dirindukan. Kalau siang ini mau jajan rawon, rujak cingur atau soto madura, mampirlah ke tempat ini.

Di Jakarta ada banyak restoran yang khusus menyajikan beragam makanan khas Jawa Timur. Selain rawon yang populer, makanan seperti rujak cingur, lempeng gapit, hingga specel Madiun yang segar pedas lengkap tersedia.

Berikut 5 restoran khas Jawa Timur yang menyajikan beragam makanan enak di Jakarta.


1. Pondok Pecel Madiun
Kangen Suroboyo? Yuk, Jajan Rujak Cingur, Rawon dan Soto Enak di 5 Tempat Ini!Foto: detikFood
Di wilayah Taman Mini, ada restoran lesehan yang menyajikan aneka masakan dari Jawa Timur. Di Pondok Pecel Madiun, para pengunjung akan dimanjakan dengan aneka hidangan 'kampung' yang enak dan bikin nagih. Selain racikan pecel khas Madiun yang gurih, di sini terkenal dengan Gadon yaitu garang asem dengan plihan daging sapi dan ayam.

Kalau mau coba yang unik, bisa pesan lempeng gapit, jajanan khas Madiun yang sudah mulai langka. Lempeng sendiri merupakan kerupuk beras, yang disajikan dengan pecel di atasnya. Selain lempeng gapit dan pecel, sambel brambang asem dan rujak cingur juga jadi primadona di sini.

Baca Juga: Ngobati Kangen Pecel Madiun

Pondok Pecel Madiun

Taman Mini Indonesia Indah.
Jl. Dunia Air Tawar, Jakarta Timur.
Telp: 021 33418251


2. Rawon Dengkoel

Kangen Suroboyo? Yuk, Jajan Rujak Cingur, Rawon dan Soto Enak di 5 Tempat Ini!Foto: detikFood
Kalau sedang ada di wilayah TB Simatupang, ada restoran Rawon Dengkoel yang menyajikan makanan khas Jawa Timur. Spesialis di bidang rawon, di sini tersedia berbagai jenis pilihan rawon. Seperti rawon porsi besar, rawon iga, hingga rawon daging yang empuk.

Selain rawon, ada juga menu semur iga dan daging yang cocok untuk teman makan nasi. Hingga pecel pincuk komplet yang disajikan dengan tempe goreng dan peyek kacang gurih.

Rawon Dengkoel
Jl. TB Simatupang.
Jagakarsa, Jakarta Selatan.
Telp: 0811 1774877


3. Terminal Ketan Cak Gendut

Kangen Suroboyo? Yuk, Jajan Rujak Cingur, Rawon dan Soto Enak di 5 Tempat Ini!Foto: dok. detikFood
Melipir sedikit ke arah Cibubur, ada Terminal Ketan Cak Gendut dengan aneka makanan khas Jawa Timur. Meski namanya terminal ketan, tapi di sini semua makanan dari Jawa Timur tersedia, mulai dari aneka penyetan dengan sambal dadakan yang pedas segar.

Selain itu ada rujak ciungur, nasi krawu, penyetan wader, botok jamur, hingga tempe kemul. Untuk hidangan penutupnya ada aneka ketan dengan berbagai topping, seperti ketan kicir, ketan kelapa, hingga ketan dendeng yang sedap.

Baca Juga: Terminal Ketan Cak Gandut: Murah Sedap, Mangut Iwak Pe dan Ketan Kicir Manis

Terminal Ketan Cak Gendut
Jl. Alternatif Cibubur No. 23.
Cibubur, Jakarta.
Telp: 021 93851525


4. Kantin Rujak Cingur Pak Hadi

Kangen Suroboyo? Yuk, Jajan Rujak Cingur, Rawon dan Soto Enak di 5 Tempat Ini!Foto: detikFood
Kalau mau coba racikan rujak cingur yang autentik dan sudah terkenal kelezatannya, bisa mampir ke Kantin Rujak Cingur Pak Hadi yang ada di wilayah Menteng. Di sini racikan rujak cingur terdiri dari kangkung, tauge, bengkuang, nanas, kol, mentimun dan irisan cingur atau hidung sapi yang kenyal.

Ciri khasnya terletak pada bumbu petisnya yang gurih sedap, dan tentunya wangi. Selain rujak cingurnya yang enak, disini juga tersedia menu rawon, soto sulung, hingga pecel sayur yang tak kalah enak.

Baca Juga: Kepelet Rujak Cingur Pak Hadi, Wenaak Tenan!

Kantin Rujak Cingur Pak Hadi
Jl. K.H. Wahid Hasyim No. 48.
Menteng, Jakarta Pusat.
Telp: 0858 13333645


5. RM Eka Jaya

Kangen Suroboyo? Yuk, Jajan Rujak Cingur, Rawon dan Soto Enak di 5 Tempat Ini!Foto: Istimewa
Rumah Makan Eka Jaya sudah terkenal dikalangan penggemar kuliner Jawa Timur. Terletak di wilayah Puri Indah, Rumah Makan Eka Jaya ini menawarkan berbagai menu pilihan seperti ayam bakar, bandeng goreng, hingga soto ayam. Kalau menu khasnya ada rawon, tahu campur, hingga rujak cingur.

Selain itu ada juga tongseng sapi hingga gule iga sapi dengan aneka bumbu rempah, dan rasa sedikit pedas. Hidangan ini cocok disantap dengan nasi hangat, dan ditutup dengan jus belimbing yang segar. Semua harganya juga masih terjangkau lho.

RM Eka Jaya
Jl. Pesanggrahan No. 32.
Puri Indah, Jakarta Barat.
Telp: 021 5806151

(sob/odi)