Terminal Ketan Cak Gandut: Murah Sedap, Mangut Iwak Pe dan Ketan Kicir Manis

Sonia Basoni - detikFood Senin, 22 Okt 2018 16:40 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Kalau sedang rindu dengan makanan khas Jawa Timur bisa mampir ke rumah makan yang satu ini. Menunya beragam, dari aneka ketan, mangut, pecel, hingga penyetan.

Berada di jalan raya Alternatif Cibubur, rumah makan Terminal Cak Gandut tak pernah sepi dari pengunjung. Konsepnya sederhana, membawa menu makanan khas desa ke kota. Tampilan rumah makannya juga juga sederhana, tapi tetap dipenuhi dengan pengunjung yang asyik makan.

Baca Juga: Mangut Iwak Pe, Ikan Beraroma Asap yang Sedap dari Jawa Tengah
Terminal Ketan Cak Gandut: Murah Sedap, Mangut Iwak Pe dan Ketan Kicir ManisFoto: dok. detikFood
Sesuai namanya, rumah makan ini menawarkan aneka menu ketan spesial. Selain ketan, terdapat berbagai menu khas Jawa Timur dengan harga terjangkau dan rasa yang autentik.

"Sejak dibuka sekitar 5 tahun yang lalu memang tidak pernah sepi, terutama kalau hari libur sama akhir pekan itu biasanya sampai ngantri tempat duduk," ujar salah satu pegawai yang berada di sana.

Kami akhirnya memutuskan untuk memesan Mangut Iwak Pe (Rp. 23.000,-), Pecel Pincuk (Rp. 13.000,-), Penyet Ayam (Rp. 17.500,-), dan Ketan Kicir (Rp. 9.000,-). Karena pegawainya cukup banyak, jadi pesanan kami dengan cepat tersaji.
Terminal Ketan Cak Gandut: Murah Sedap, Mangut Iwak Pe dan Ketan Kicir ManisFoto: dok. detikFood
Aroma gurih smoky dari mangut ikan pari begitu menggoda selera. Sajian ini awalnya berasal dari Jawa Tengah, tapi populer hingga ke Jawa Timur. Di sini, semangkuk mangut iwak pe, terdiri dari ikan pari asap dengan kuah santan dengan bumbu dan daun kemangi.

Untuk harga yang terjangkau, potongan ikan pari asap cukup besar, dengan kuah santan yang masih panas. Iwak pe atau ikan pari merupakan potongan ikan pari segar yang diasap hingga matang. Kemudian dimasak emnjadi mangut. Sayur berkuah santan dengan bumbu rempah dan cabe.

Potongan daging ikan cukup lembut, dan tidak ada aroma amis. Rasa gurih dari kuah santan juga menambah selera, terdapat jejak rasa kemiri, jahe, ketumbar, hingga bawang putih. Cukup dimasakn dengan nasi putih sudah enak.
Terminal Ketan Cak Gandut: Murah Sedap, Mangut Iwak Pe dan Ketan Kicir ManisFoto: dok. detikFood
Hidangan khas jatim lainnya, Pecel Pincuk. Pecel disajikan di atas pincuk daun pisang seperti umumnya pecel Jawa. Sayurannya ada daun singkong, kemangi, mentimun yang dipotong dadu, tauge, hingga taburan petai cina. Lalu pecel diguyur dengan saus kacang, dan rempeyek teri.

Rasa pecel segar, ditambah dengan gurih manis dari saus kacang. Uniknya, di sini Anda bisa memesan tingkat kepedasan saus kacang. Kami sengaja memesan tingkat pedas sedang, tapi ternyata rasanya cukup pedas, meski begitu rasa manis dari gula merah cukup menetralisir.
Terminal Ketan Cak Gandut: Murah Sedap, Mangut Iwak Pe dan Ketan Kicir ManisFoto: dok. detikFood
Yang tak boleh ketinggalan, Penyet Ayam, potongan daging ayam digoreng hingga garing, dipenyet dengan sambal bawang. Disajikan dengan tomat, timun, kacang panjang, dan daun kemangi. Berbeda dengan ayam penyet kebanyakan, di sini ayam dipenyet hingga daging ayam terlepas dari tulang. Cukup memudahkan kami ketika menyantapnya, apalagi rasa gurih dan sambal merah dan gurihnya ungkepan ayam. Kalau mau lebih kenyang bisa pesan nasi putih hangat.

Untuk camilan manis ada Ketan Kicir, menu ketan yang paling populer di sini. Tampilannya sederhana, ketan putih kukus ditaburi oleh kelapa parut, dan dikucuri dengan gula merah cair yang manis legit.
Terminal Ketan Cak Gandut: Murah Sedap, Mangut Iwak Pe dan Ketan Kicir ManisFoto: dok. detikFood
Campuran ketan, gurihnya kelapa, dan gula merah cair jadi penutup yang enak dan mengenyangkan.

Selain menu di atas, Terminal Ketan Cak Gandut punya menu andalan lainnya seperti Penyetan Wader, Botok Jamur, Ketan Dendeng, hingga Es Kunci Sirih.

Baca Juga: Ketan Susu Kekinian Makin Enak dengan Olesan Nutella hingga Durian

Terminal Ketan Cak Gandut
Jl. Alternatif Cibubur No. 23.
Cibubur, Jakarta Timur.
Telp: +622193851525

(sob/odi)