Mengapa Banyak Orang Justru Ngantuk Usai Sarapan?

Devi Setya - detikFood Selasa, 08 Jan 2019 06:12 WIB
Foto: istock Foto: istock
Jakarta - Merasa lelah dan ngantuk usai makan ternyata hal yang lumrah. Termasuk juga kantuk habis sarapan, padahal malam harinya sudah tidur nyenyak dan cukup waktu.

Makanan yang dimakan memang bisa jadi sumber energi tapi usai makan biasanya orang malah merasa lelah dan lemas. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena memang siklus tubuh normal mengalami hal ini.
Meskipun Sudah Tidur Nyenyak, Merasa Ngantuk Usai Sarapan Ternyata NormalFoto: istock

Baca juga : Ngantuk Berat Usai Makan Siang? Lakukan 7 Cara Jitu Mengatasinya

Beberapa waktu usai menyantap makanan sarapan, makanan akan diproses melalui sistem pencernaan. Selama sistem pencernaan bekerja, ada berbagai respon yang terjadi pada tubuh, salah satunya memicu rasa kantuk.

Makanan yang paling memberi efek kantuk adalah sumber karbohidrat, oleh karenanya para pakar diet menyarankan untuk mengurangi konsumsi karbo di pagi hari. Selain mengurangi asupan karbo, membatasi porsi sarapan juga bisa jadi solusi mengurangi kantuk di pagi hari.
Meskipun Sudah Tidur Nyenyak, Merasa Ngantuk Usai Sarapan Ternyata NormalFoto: istock

Pilih juga makanan dengan nutrisi seimbang serta banyak konsumsi air putih. Pilihan menu yang paling ideal yakni sayuran, gandum dan sumber protein karena makanan ini mampu membuat kenyang namun sedikit menyebabkan kantuk.

Baca juga : Ini Sebabnya Setelah Makan Banyak Kita Jadi Ngantuk
Meskipun Sudah Tidur Nyenyak, Merasa Ngantuk Usai Sarapan Ternyata NormalFoto: istock

Rasa kantuk usai makan memang kejadian yang normal namun jika rasa kantuk berlebihan maka disarankan untuk menghubungi dokter. Pasalnya kantuk berlebihan usai makan cenderung dikaitkan dengan masalah kesehatan seperti diabetes, anemia, tiroid hingga sleep apnea.

Jika kantuk usai sarapan terasa sangat mengganggu, solusi lainnya yakni tidak menyantap menu sarapan. Pilihan ini sangat tidak dianjurkan karena sekecil apapun porsi makan, harusnya tetap menyantapnya. (dvs/odi)