Wah, Restoran Hotpot Ini Cari Pelayan Lulusan 'Ivy League' China

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 04 Jan 2019 14:19 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Iklan lowongan pekerjaan restoran hotpot di China jadi sorotan publik. Sebab restoran itu mencari pelayan lulusan dari universitas top di China.

Restoran hotpot yang terletak di Zhengzhou, provinsi Henan mencari pelayan restoran lulusan '985'. Universitas '985' merupakan sebutan dari bagi sederet unversitas top yang ada di China.

Wah, Restoran Hotpot Ini Cari Pelayan Lulusan 'Ivy League' ChinaFoto: Istimewa
Sebutan itu berawal dari adanya '985 Project' yang dibuat pada 5 Mei 1998 oleh mantan Presiden Jiang Zemin sebagai peringatan 100 tahun Peking University. Angka '985' itu berasal dari 5 Mei tahun 1998 dan dijadikan sebagai sebutan universitas ternama di China. Sama seperti sebutan 'Ivy League' di Amerika Serikat.

Baca juga: Keren! Ini Restoran Hotpot Robot Pertama di Dunia

Sehingga lowongan perkerjaan tersebut jadi sorotan warga China. Banyak yang menganggap kalau penyandang nilai akademis sempurna apalagi lulusan dari universitas terkemuka tak akan mungkin mau menjadi seorang pelayan restoran.

Wah, Restoran Hotpot Ini Cari Pelayan Lulusan 'Ivy League' ChinaFoto: Istimewa
"Apa yang harus dilakukan lulusan '985' jika menjadi seorang pelayan?," tulis salah satu netizen.

Namun ternyata, restoran tersebut bukanlah sembarang restoran hotpot. Restoran hotpot itu bernama '985 Hotpot College'. Lewat unggahannya pihak restoran mencari sebanyak 10 orang lulusan '985' dengan rentang usia 20 hingga 30 tahun.

Wah, Restoran Hotpot Ini Cari Pelayan Lulusan 'Ivy League' ChinaFoto: Istimewa
Masing-masing orang akan diberi upah sebesar ±US$29,000 (Rp 414 juta) per tahun. Menurut What's on Weibo yang dikutip dari Beijing Evening News (01/01), angka itu 2,5 kali lebih besar dibanding upah minimum di China dan 8 kali lebih besar dari upah pelayan restoran pada umumnya.

Pihak 985 Hotpot College akhirnya angkat bicara. Menurutnya, "Setiap orang dan organisasi punya hak untuk mengejar impian mereka serta berharap menemukan bakat yang tepat untuk menumbuhkan [bisnis] bersama."

Wah, Restoran Hotpot Ini Cari Pelayan Lulusan 'Ivy League' ChinaFoto: iStock
Netizen yang netralpun mencairkan suasana dengan menulis komentar, "Pebisnis bebas menentukan standarnya dan para sarjana juga bebas melamar di sana ataupun tidak."

Saking viralnya, suda ada sebanyak 290 juta unggahan dengan tagar 'Hotpot Restaurant Requires 985 Diploma in Recruiting Waiters' di Sina Weibo.

Baca juga: Sebut Hot Pot Seperti Air Cucian, Musisi Ini Dibully Netizen (dwa/odi)