Keren! Ini Restoran Hotpot Robot Pertama di Dunia

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 05 Nov 2018 17:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Ingin menyantap hotpot yang beda? Coba datang ke restoran hotpot di Hong Kong ini. Semua menu dan sup hotpotnya dibuat oleh robot canggih.

Restoran hotpot robot ini dibuat dari hasil kerjasama Haidailao dan perusahaan elektronik raksasa, Panasonic. Tak ada campur tangan manusia dalam proses penyiapan dan pembuatan hotpot di sana.

Keren! Ini Restoran Hotpot Robot Pertama di DuniaFoto: Istimewa
Restoran ini juga memiliki dapur robot yang canggih. Para robot mempersiapkan dan menyajikan sup hotpot yang biasa diracik pelayan di bagian dapur restoran. Robot canggih itu memiliki kemampuan untuk meracik sup dengan rasa yang tertera dalam menu. Karena terdapat program serta indikator rempah, minyak hingga bahan lain yang digunakan untuk meracik sup di dalamnya.

Baca juga: Keren! Makanan di Restoran Ini Dimasak oleh Teknologi Robot Canggih

Pada bagian dinding dapurnya juga terdapat beberapa monitor yang berisi rincian informasi terkait inventaris, hidangan hingga bahan makanan yang akan kadaluarsa.

Keren! Ini Restoran Hotpot Robot Pertama di DuniaFoto: Istimewa
Para pengunjung hanya perlu memesan menu yang diinginkan lewat tablet yang tersedia di masing-masing meja. Pesanan pelanggan akan langsung tertera di bagian dapur robot.

Nantinya, pemesanan yang sudah siap akan diantar oleh robot humanoid. Enam diantaranya bertugas untuk berkeliling di restoran dan mengantarkan makanan. Sementara empat lainnya bertugas mengambil nampan bekas pakai para pengunjung. Meski begitu, pelayan manusia tetap dibutuhkan untuk membersihkan kursi dan meja makan yang ada.

Hal ini tak hanya menguntungkan pengunjung, tapi juga pihak restoran. Sebab pihaknya bisa menghemat setidaknya 10 persen pemakaian listrik. Itu dikarenakan terdapat fitur robot yang bisa mendeteksi berat hotpot sehingga suhu pemanas akan otomatis naik dan turun.

Keren! Ini Restoran Hotpot Robot Pertama di DuniaFoto: Istimewa
Dilansir SCMP (3/11), setiap restoran hotpot d iHong Kong biasanya mengeluarkan biaya rata-rata sebesar 200.000 yuan (Rp 433 juta) untuk tagihan listrik. Selain menekan biaya pemakaian listrik, pihak Haidilao juga bisa memangkas jumlah pekerjanya.

"Idealnya, kami akan menurunkan jumlah staf yang ada hingga sekitar 130 sampai 140 orang per restoran dari sebanyak 170 orang. Tapi tidak akan pernah mungkin jadi tidak ada (pekerja) untuk menjalankan restoran. Bisnis kuliner terdiri dari dua hal, sebelum hidangan tersaji di mejai, itu logistik, tapi setelahnya disebut pelayanan," jalas pihak Haidilao, Shao Zhidong.

Keren! Ini Restoran Hotpot Robot Pertama di DuniaFoto: Istimewa
Berdasarkan keternagan Shao, Haidilao juga berencana untuk meluncurkan fitur serupa ke semua cabang restorannya. Menurutnya, dua restoran lainnya akan segera menjadi restoran 'smart' di Beijing.

Pelayanan robot hotpot ini memang tak mengecewakan. Pengunjung tak perlu menunggu lama untuk mendapat pesanannya. Hanya perlu menunggu selama 10 menit.

Baca juga: Seru! Makan Shabu-Shabu di Restoran Ini Dilayani Oleh Pelayan Robot (dwa/odi)