Duh, Gadis Ini Buta Gara-Gara Masak Telur di Oven Microwave

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 02 Jan 2019 12:25 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Berniat buat sarapan praktis dengan oven microwave, remaja ini justru alami kebutaan.Karena oven yang ia gunakan meledak dan mengenai wajahnya.

Oven microwave jadi barang elektronik multifungsi yang kerap digunakan banyak orang. Meski begitu, ada beberapa bahan makanan yang memang tak boleh dimasak ataupun dipanaskan di dalam oven microwave.

Duh, Gadis Ini Buta Gara-Gara Masak Telur di Oven MicrowaveFoto: Thinkstock/iStock
Salah satunya telur. Meski microwave dan kompor sama-sama menciptakan panas, namun telur tak akan masak di dalam oven microwave. Panas dari gelombang mikro dalam oven ini sangat cepat dan bisa mengakibatkan telur meledak.

Baca juga: Ini 6 Makanan yang Sebaiknya Tak Dipanaskan Dalam Oven Microwave

Hal inilah yang dialami seorang remaja asal Newcastle, Inggris bernama Courtney Wood. Pengetahuannya yang minim soal penggunaan oven microwave membuat matanya buta.

Itu karena Courtney memasak telur di dalam microwave. "Tepat di pagi Boxing Day, saya memasak sarapan sendiri. Saya meletakkan bacon di atas panggangan dan meletakkan telur dengan sedikit air di atasnya-sama seperti yang biasa saya lakukan-dan memanaskannya di dalam oven microwave selama satu menit," jelas Courtney.

Duh, Gadis Ini Buta Gara-Gara Masak Telur di Oven MicrowaveFoto: Istimewa
Satu menit berlalu, microwave miliknya tak mengeluarkan bunyi pertanda sarapan buatannya masak. Courtneypun mengecek dan membukanya.

"Ketika saya berbalik ke arah benda itu, telurnya langsung meledak ke wajah saya," tuturnya.

Lebih lanjut ia menuturkan kalau saat itu dirinya langsung berlari ke kamar mandi dan membasuh wajahnya dengan air dingin. Sayangnya ia tak bisa menahan rasa sakit hingga ia memutuskan untuk menghubungi salah seorang temannya.

Dengan sigap, temannya mendatangi kediaman Courtney dan menghubungi petugas medis. Remaja berusia 19 tahun itu memang sudah tidak tinggal bersama orang tuanya lagi.

Duh, Gadis Ini Buta Gara-Gara Masak Telur di Oven MicrowaveFoto: Istimewa
"Pandangan di mata kanan saya kembali (normal) dalam waktu 48 jam tapi saya masih tidak bisa melihat dengan baik di bagian mata kiri saya," ungkap Courtney yang saat ini tinggal bersama ibunya, Tracy.

Ia juga harus sering memeriksakan matanya ke klinik setiap hari serta meneteskan obat tetes mata khusus. Menurut LA Bibble (30/12), sang dokter memberitahunya kalau mata kirinya tak akan pulih dalam waktu dekat.

"Ini adalah rasa sakit terburuk yang pernah saya derita. Ini mengerikan," tutupnya.

Duh, Gadis Ini Buta Gara-Gara Masak Telur di Oven MicrowaveFoto: Istimewa
Perlu diketahui bahwa telur hingga buah anggur memang tak boleh dimasak ataupun dipanaskan di dalam microwave. Itu karena molekul air yang ada pada telur terperangkap di selaput kuning telur yang sempit, jelas peneliti asal Amerika Anthony Nash dan Lauren von Blohn. Sehingga molekul air mendobrak jaringan lain dan menyebabkan ledakan.

Menurut Huffpost (13/6), sementara buah anggur memiliki kandungan air yang banyak dan bisa sebabkan ledakan jika dipanaskan dalam oven microwave.

Baca juga: Jorok! Wanita Ini Panaskan Air Kencingnya di Microwave Supermarket (dwa/odi)