Sering Dikonsumsi, 12 Makanan Ini Ternyata Mengandung Serangga (2)

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 02 Jan 2019 10:30 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Brokoli, jus buah, kayu manis hingga garam jadi bahan makanan yang umum terkontaminasi serangga. Berikut penjelasannya.

Serangga sering dianggap hewan menjijikkan. Saat makan, hewan ini pasti Anda usir agar makanan yang dikonsumsi tak terkontaminasi. Padahal bisa saja makanan yang Anda lahap sudah lebih dulu mengandung serangga. Seperti 12 makanan yang dilaporkan Reader's Digest berikut.

7. Jamur

Sering Dikonsumsi, 12 Makanan Ini Ternyata Mengandung Serangga (2)Foto: Istimewa
FDA setuju kalau sekaleng jamur dengan berat 3,5 ons jamur mengandung 19 belatung dan 74 tungau. Meski banyak, fragmen serangga itu tak akan terlihat karena punya bentuk yang sangat kecil. Meski beitu, Terro menyebut kalau telur serangga punya kandungan protein lebih besar dibanding ayam atau salmon.

8. Brokoli beku

Sering Dikonsumsi, 12 Makanan Ini Ternyata Mengandung Serangga (2)Foto: GettyImages
Brokoli beku yang dijual di supermarket umumnya mengandung kutu daun. Bentuknya sangat kecil yakni 2 hingga 5 milimeter. Tak heran kalau kutu jenis ini jadi salah satu serangga yang tak sengaja termakan paling banyak di dunia. FDA sendiri mengizinkan sebanyak 60 kutu daun per 100 gram brokoli beku.

9. Jus buah

Sering Dikonsumsi, 12 Makanan Ini Ternyata Mengandung Serangga (2)Foto: Istock
FDA memperbolehkan satu potong belatung di 250 ml jus buah. Tapi biasanya ada siput hingga tungau yang turut masuk ke dalam jus buah. Tapi LiveScience menyebut bahwa,"Serangga hanyalah bagian dari proses alami menanam dan mengolah makanan."

10. Kayu manis

Sering Dikonsumsi, 12 Makanan Ini Ternyata Mengandung Serangga (2)Foto: Foodbeast
Ya, kayu manis juga jadi bahan yang muda terkontaminasi serangga. Tapi FDA masih mengizinkan sebanyak 400 fragmen serangga per 50 gram kayu manis.

Baca juga: Kayu Manis Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Benarkah?

11. Garam dan lada bubuk

Sering Dikonsumsi, 12 Makanan Ini Ternyata Mengandung Serangga (2)Foto: Istimewa
Garam dan lada jadi bumbu paling banyak dipakai di dapur. Percaya atau tidak, ada sebesar 475 bagian tubuh serangga di dalam 50 gram (atau ΒΌ cangkir) lada. Tapi jumlah itu masih aman dikonsumsi.

12. Buah beri

Sering Dikonsumsi, 12 Makanan Ini Ternyata Mengandung Serangga (2)Foto: iStock
Raspberry dan blueberry jadi camilan manis cacing dan kumbang. Mengetahui hal ini, FDA mengizinkan hingga empat larva atau sepuluh serangga per 500 gram buah beri.

Baca juga: 7 Serangga Ini Akan Jadi Primadona Makanan di Masa Depan (dwa/odi)