Begini Awal Mula Tradisi 'Cheers' Champagne Saat Pesta Tahun Baru

Devi Setya - detikFood Senin, 31 Des 2018 18:11 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Menikmati champagne bersama-sama saat malam pergantian tahun ternyata sudah dilakukan lebih dari 1.500 tahun yang lalu. Bagaimana kisahnya?

Malam tahun baru memang identik dirayakan dengan pesta bbq bersama keluarga atau teman. Tapi selain itu, tos dengan champagne juga banyak dilakukan terutama di Eropa, seperti Amerika Serikat dan Prancis.

Dilansir dari Elite Daily (31/12) kebiasaan tos sambil minum champagne ini berawal pada abad ke-16 saat orang-orang Eropa menggunakan botol bir untuk merayakan pesta. Saat itu, hanya orang-orang kaya saja yang bisa menikmati champagne karena harganya yang sangat tinggi.
Begini Awal Mula Tradisi 'Cheers' Champagne Saat Pesta Tahun Baru Foto: Istock
Baca juga : Gelas Ini Dirancang Untuk Membuat Rasa Champagne Lebih Enak, Seperti Apa Bentuknya?

Menurut sejarahwan Kolleen Guy, setelah Revolusi Prancis, champagne menjadi minuman yang hadir dalam berbagai upacara keagamaan dan berbagai pesta peresmian.

Pada tahun 1800 hingga 1859, popularitas champagne meroket tajam. Produksi champagne juga melonjak berkali-lipat. Awalnya champagne hanya diproduksi 300.000 botol per tahun lalu melonjak menjadi 20 juta botol per tahun.
Begini Awal Mula Tradisi 'Cheers' Champagne Saat Pesta Tahun Baru Foto: Istock

Menikmati champagne pada malam tahun baru merupakan tradisi yang sudah ada sejak zaman Julius Caesar. Orang-orang akan begadang sampai tengah malam, lalu saat momen pergantian tahun semua orang akan bersorak sambil memegang botol atau gelas champagne masing-masing.

Seiring perkembangan zaman, Cafe Martin di New York yang dikelola pria Prancis membawa tradisi ini ke Amerika. Pemilik kafe menyediakan 69 jenis champagne yang didatangkan langsung dari Prancis. Saat malam tahun baru, kafe ini sengaja menggelar pesta dengan melakukan tos gelas berisi champagne.
Begini Awal Mula Tradisi 'Cheers' Champagne Saat Pesta Tahun Baru Foto: Istock

Baca juga : Pria Ini 'Menyulap' 12.000 Botol Champagne Menjadi Rumah yang Cantik!

Sejak saat itu, masyarakat di Amerika selalu menghabiskan malam tahun baru dengan minum champagne dan melakukan tos tepat di tengah malam.

Tradisi minum champagne ini terus berlangsung hingga kini dengan masyarakat yang lebih luas cakupannya. Biasanya kafe dan restoran sengaja buka hingga tengah malam agar bisa memfasilitasi pengunjung yang ingin minum dan tos champagne bersama. Cheers!!! (dvs/odi)