Gelas Ini Dirancang Untuk Membuat Rasa Champagne Lebih Enak, Seperti Apa Bentuknya?

Devi Setya - detikFood Kamis, 27 Des 2018 19:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Bukan hanya kualitas minuman saja yang menjamin rasa. Ternyata bentuk gelas juga menjadi salah satu hal yang menentukan kenikmatan minuman beralkohol.

Tak heran bentuk gelas untuk minuman beralkohol saling berbeda sesuai dengan jenis minuman beralkoholnya. Bentuk ini bukan semata dipandang dari sisi seni saja tapi juga mempengaruhi kenikmatan minuman itu sendiri.

Dilansir dari Business Insider (27/12) sebuah produsen gelas Riedel membuat gelas champagne yang diakuinya bisa membuat rasa champagne lebih enak. Gelas ini diberi nama Performance Champagne.
Gelas Ini Dirancang Untuk Membuat Rasa Champagne Lebih Enak, Seperti Apa Bentuknya?Foto: Istimewa

Baca juga : Ups! Pramugari Ini Ketahuan Menuang Kembali Sisa Champagne ke Botolnya

Gelas ini didesain dengan kristal kaca yang lebih bening dan mengilap. Ini membuat gelas tampil lebih mewah dan berkilau ketika terkena paparan sinar lampu.

Selain itu, bentuk gelas ini juga berbeda. Bagian perut gelas dibuat lebih cembung, berbeda dengan gelas champagne kebanyakan yang terkesan lebih ramping dan lurus.
Gelas Ini Dirancang Untuk Membuat Rasa Champagne Lebih Enak, Seperti Apa Bentuknya?Foto: Istimewa

Bentuk cembung pada perut gelas ini dimaksudkan agar bisa memaksimalkan putaran champagne saat akan diminum. Semakin baik champagne 'teraduk' saat diputar maka semakin banyak oksigen yang masuk ke dalam gelas dan keluar membawa aroma champagne yang maksimal.

Tim dari Riedel seolah memperhatikan setiap detail dari gelas barunya ini. Bagian bibir gelas dipotong dengan menggunakan laser agar champagne bisa masuk ke mulut dengan rasa yang optimal.
Gelas Ini Dirancang Untuk Membuat Rasa Champagne Lebih Enak, Seperti Apa Bentuknya?Foto: Istimewa

Baca juga : Gelas Wine Kini Tujuh Kali Lebih Besar Volumenya dari Ratusan Tahun Lalu

Hingga saat ini setidaknya Riedel memiliki 7 varian gelas wine yang berbeda. Setiap gelas memiliki keunggulan masing-masing yang tujuannya sama, yakni membuat wine lebih nikmat.

Jika tertarik mencoba sensasi minum champagne dengan gelas ini, Anda bisa mendapatkannya dengan harga $118 (Rp 1,7 juta). Harga ini untuk satu paket yang berisi empat buah gelas. Anda bisa membuktikannya saat menikmati champagne di pesta malam tahun baru.

(dvs/odi)