Pesta BBQ Tahun Baru

Dibuat dengan Cara Ini, Jagung Bakar Juicy dan Gurih

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 28 Des 2018 11:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Pesta BBQ Tahun Baru
Jakarta - Jagung bakar selalu jadi pendamping ikan atau seafood bakar. Meskipun terlihat sepele, tapi membakar jagung juga ada triknya loh.

Sayuran yang satu ini bisa jadi alternatif pilihan barbeque yang menyehatkan. Untuk membuat rasa jagung yang enak dengan tekstur yang empuk bisa dengan mengikuti cara ini. Berikut ini beberapa langkah dalam pemilihan jagung hingga bumbu yang digunakan agar rasanya lebih enak.

1. Cara memilih jagung

Dibuat dengan Cara Ini, Jagung Bakar Juicy dan GurihFoto: iStock

Jangan sembarang membeli jagung. Kualitas jagung yang baik dapat menghasilkan rasa manis yang enak. Saat membeli pilihlah jagung segar yang masih tertutup kulit dengan biji yang besar. Jagung yang masih segar dengan biji yang besar biasanya memiliki rasa yang manis. Jangan membeli jagung yang terlalu tua atau pun terlalu muda karena rasanya akan hambar.

Saat memilih cukup tekan jagung yang masih berkulit, jika cukup keras di bagian ujung dan pangkalnya berarti jagung cukup tua. Biasanya kulit bagian luranya sedikit kecokelatan.

Baca juga: Ini 4 Cara Membakar Jagung Manis yang Enak

2. Kupas kulitnya

Dibuat dengan Cara Ini, Jagung Bakar Juicy dan GurihFoto: iStock

Ada beberapa cara membakar jagung. Bisa dengan melapisinya dengan alumunium foil atau membakar dengan kulitnya. Tapi supaya rasanya enak dan bumbunya meresap, sebaiknya kupas terlebih dulu kulitnya.

Dalam proses pengupasan sebaiknya lakukan secara perlahan agar kulitnya tak ketarik semua dari bonggolnya. Bagian kulit yang sudah dibuka ini bisa dililit dengan rapih sehingga bisa memudahkan Anda memegang jagung saat dipanggang atau pun saat dimakan.

Jangan lupa juga untuk membersihkan rambut-rambut halus pada jagung. Sebaiknya jagung tak usah dicuci. Karena tertutup rapat dengan kulitnya sehingga bersih.


3. Olesi dengan bumbu

Dibuat dengan Cara Ini, Jagung Bakar Juicy dan GurihFoto: iStock


Agar rasanya gurih, Anda perlu mengoleskan bumbu ke jagungnya. Oleskan air dengan campuran garam untuk menghasilkan rasa gurih. Bisa juga dengan mengolesi margarin atau mentega agar jagung yang dihasilkan lebih wangi.

Supaya makin gurih, beri bubuk perasa barbecue atau keju setelah jagung matang. Bisa juga diolesi mayonnaise atau saus sambal.

4. Panggang

Dibuat dengan Cara Ini, Jagung Bakar Juicy dan GurihFoto: iStock

Memanggang jagung dibutuhkan waktu sekitar 15 menit. Bakar jagung sambil dibolak-balik isinya hingga rata untuk menghindari bagian yang gosong. Saat sudang mengilat dan matang baru bisa diangkat.

5. Sajikan

Dibuat dengan Cara Ini, Jagung Bakar Juicy dan GurihFoto: iStock

Agak susah menyantap jagung bakar tanpa berantakan. Tapi Anda bisa menikmati jagung bakar dengan cara diserut dan dinikmati dengan taburan keju atau salad sayur. Bahkan, beberapa waktu lalu juga ada cara makan jagung tanpa repot yang sempat viral.

Dengan memegang bonggol jagung dengan plastik, lalu memanfaatkan tusuk sate di tangan satunya. Perlahan tusuk sate ditusukkan menyusuri barisan jagung. Dan tusuk sate diangkat hingga semua biji jagung ikut terlepas sempurna dari bonggolnya. Selamat mencoba!

Baca juga: Viral! Cara Makan Jagung Super Praktis Pakai Tusuk Sate (lus/odi)
FOKUS BERITA Pesta BBQ Tahun Baru