Hii..! Dokter Temukan Semut Pemangsa Makanan di Dalam Kuping Pria Ini

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 27 Des 2018 14:05 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Seorang pria asal Vietnam harus dilarikan ke rumah sakit. Setelah dirinya terserang semut yang memangsa makanan di dalam telinganya.

Para dokter di rumah sakit yang berada di kota Hi Duong, Vietnam, terkejut saat menemukan semut hidup di dalam telinga seorang pasien pria. Dilansir Khaleej Times (18/12), semut ini ditemukan tengah merangkak di sekitar saluran telinga pria itu, dan tengah mencari makanan.

Baca Juga: Hii! Berani Makan Pretzel Stick Berbalut Semut Ini?
Hii..! Dokter Temukan Semut Pemangsa Makanan di Dalam Kuping Pria IniFoto: Istimewa
Sebelumnya, pria yang identitasnya tidak disebutkan ini merasa ada serangga yang bergerak dan menggigit bagian dalam telinganya. Para dokter langsung menggunakan otoskop atau kaca pembesar, dan menemukan semut ini tengah menggigit bagian dalam telinga pasien itu.

Dokter Hoat yang menangani masalah ini, sempat kesulitan untuk menarik serangga itu keluar dari dalam telinga. Bahkan Dokter Hoat menggunakan pinset, namun membuat serangga itu berjalan lebih jauh ke dalam telinga pasien. Setelah beberapa kali percobaan, akhirnya Dokter Hoat berhasil menarik serangga ini keluar dari dalam telinga pasien.

"Bagaimana bisa semut itu merangkak ke dalam telinga saya?" tanya sang pasien yang masih terkejut dengan penemuan semut di dalam telinganya ini. Ternyata semut ini masuk ke dalam telinga, karena mungkin bentuk telinga yang mirip seperti gua, dan dianggap sebagai sumber makanan.
Hii..! Dokter Temukan Semut Pemangsa Makanan di Dalam Kuping Pria IniFoto: Istimewa
Menurut Profesor Coby Schal, yang belajar mengenai serangga di North Carolina State University. Mengungkapkan bahwa masuknya serangga seperti semut atau kecoa ke dalam telinga bukanlah fenomena yang baru, para serangga ini biasanya akan mencari makanan di tempat mana saja. Dan bagian kotoran telinga mungkin terlihat menarik bagi mereka.

Sementara menurut organisasi kesehatan Mayo Clinic menyebutkan, untuk menghindari memasukan benda ke dalam telinga untuk mengeluarkan serangga dari sana. Selain berbahaya, benda ini justru akan mendorong serangga lebih jauh. Sebaiknya gunakan sedikit minyak zaitun atau baby oil, untuk membuat serangga ini mengambang dan keluar dengan sendirinya.
Hii..! Dokter Temukan Semut Pemangsa Makanan di Dalam Kuping Pria IniFoto: Istimewa
Di India semut merah yang seringkali menggigit dan menyengat, atau biasa disebut Chutney. Justru menjadi makanan yang selalu ada di upacara adat, dan memiliki rasa yang panas serta pedas.

Baca Juga: Mau Coba Makanan Eksotik Ini? Chutney Semut Merah dan Telurnya (sob/odi)