Hii! Berani Makan Pretzel Stick Berbalut Semut Ini?

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 01 Okt 2018 15:53 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Ada hal 'ajaib' di acara Wisconsin State Fair, Amerika Serikat. Salah satu stan makanannya menyajikan prezel stick berbalut semut!

Pretzel merupakan roti asal Jerman yang terbuat dari tepung terigu, gula, dan yest. Camilan ini dibuat dengan cara dipanggang. Teksturnya liat dan keras dengan rasa gurih asin.

Umumnya roti berbentuk mirip angka 8 menyilang ini diberi taburan garam kasar serta disajikan dengan fondue keju. Tapi saat ini, sudah banyak kreasi pretzel dengan bentuk dan saus pendamping yang beragam. Salah satunya pretzel stick.

Baca juga: Pretzel Jumbo Sebesar Setir Mobil, Siapa Mau?

Hii! Berani Makan Pretzel Stick Berbalut Semut Ini?Foto: Istimewa
Pretzel stick punya bentuk yang sama dengan churros, hanya saja memiliki permukaan yang halus. Meski masih diberi taburan garam kasar, pretzel stick punya varian rasa yang beragam. Mulai dari karamel, cokelat hingga kacang.

Berbeda dengan pretzel stick pada umumnya, kreasi pretzel stick milik All Things Jerky terbilang cukup ekstrim. Bahkan kreasinya jadi sorotan pengunjung Wisconsin State Fair dan netizen.

Pretzel sticknya dibalut dengan lelehan marshmallow dan diberi taburan semut mati. Ada dua jenis semut yang dipakai All Things Jerky, semut hitam dan semut Queen Weaver seperti dilansir BBC UK (29/8). Weaver ant sendiri masuk dalam keluarga formicidae yang hidup di pohon.

Berdasarkan keterangan sang pemilik, Ellenbecker, semut hitam punya rasa yang asam, sedangkan Queen Weaver punya rasa yang asin.

Hii! Berani Makan Pretzel Stick Berbalut Semut Ini?Foto: Instagram callmesuperman9
Sebenarnya konsumsi serangga punya banyak khasiat. Selain rendah kalori, serangga juga mengandung protein yang tinggi dan kaya zat besi. Walau begitu, serangga masih dianggap hal yang tak lazim, bahkan menjijikkan untuk untuk dikonsumsi.

Rupanya Ellenbecker sudah membuka All Things Jerky sejak tahun 2011 di wilayah Grand Chute. Hingga kini, gerai 'ajaib' miliknya sudah berhasil menjual sebanyak 1.8 Kg semut. Angka tersebut sangatlah banyak karena bentuk serta berat semut sangatlah ringan.

Tak hanya pretzel stick berbalut semut, gerai ini juga menyediakan beragam menu unik lainnya. Mulai dari burger berdaging buaya hingga olahan daging unta, rusa, kangguru, babi hutan hingga antelop.

Terbayang, kan hanya berapa ons semut yang menyelimuti satu buah pretzel stik tersebut. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

Baca juga: Makan dengan Mayat dan Minum Darah, Ini Ritual Makan Menyeramkan di Dunia (dwa/odi)