Mau Coba Makanan Eksotik Ini? Chutney Semut Merah dan Telurnya

Regita Lorena - detikFood Jumat, 08 Sep 2017 13:48 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kuliner India dikenal dengan rasa yang eksotik. Tidak hanya aneka kari yang sedap, India juga punya makanan unik dari semut merah dan telurnya.

India memiliki hidangan kesukuan yang beragam, mulai dari yang konvensional, unik hingga aneh. Misalnya saja salah satu hidangan suku dari daerah Bastar di Chhattisgarh yaitu chutney, disebut juga dengan Chaprah. Terbuat dari semut merah dan telurnya.

Baca juga : Mango Chutney, Asam Renyah Acar Mangga Khas India

Mau Coba Makanan Eksotik Ini? Chutney Semut Merah dan TelurnyaFoto: Istimewa


Sajian lokal caprah merupakan chutney panas dan pedas yang terbuat dari semut merah dan telurnya. Chutney terbuat dari semut yang seringkali menggigit dan menyengat ini. Semut dikumpulkan dalam jumlah banyak dan digiling menjadi chutney pedas. Dilansir dari food.ndtv.com (7/9), sajian ini merupakan hidangan yang tak terpisahkan dari semua pesta besar suku Chhattisgarh.

Penduduk desa akan pergi ke hutan mengumpulkan semut dan telur dari sarangnya. Semut kemudian ditumbuk dan dikeringkan. Kemudian, semut dimasukkan ke dalam alu dan lesung dan digiling. Kemudian ditambahkan sedikit tomat, ketumbar, bawang putih, jahe, cabai, garam dan sedikit gula untuk mendapatkan chutney berwarna oranye dan halus, yang dikenal dengan nama Chaprah.

Selain memiliki rasa yang panas dan pedas, chutney juga menawarkan banyak kualitas obat. Semut dan telurnya diketahui mengandung asam formic, yang memiliki banyak sifat anti bakteri yang dapat membantu memerangi infeksi bakteri dalam sistem pencernaan. Asam formic pada semut juga memberikan sifat khas cabai yaitu pedas. Chutney juga diketahui memiliki sejumlah protein, kalsium dan zat besi yang baik yang untuk sistem kekebalan tubuh.

Mau Coba Makanan Eksotik Ini? Chutney Semut Merah dan TelurnyaFoto: Istimewa


Jauh di hutan belantara Bastar di Chhattisgarh, semut merah dapat ditemukan dalam jumlah yang banyak. Sejak bertahun-tahun, suku setempat telah menggunakan semut ini sebagai bagian dari makanan sehari-hari mereka. Nama 'Chaprah' berarti 'keranjang daun', yaitu sarang yang dibuat oleh semut dengan daun pohon sal.

Chutney cukup populer di banyak desa dan suku di Jharkhand, India. Makanan ini juga dijual dalam paket kecil dalam daun sal.

Baca juga : Chapati dan Naan, Roti Gurih khas India (msa/odi)