Pesta BBQ Tahun Baru

Sebelum Pesta BBQ, Siapkan Dulu Tusuk Sate yang Tepat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 26 Des 2018 18:28 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Pesta BBQ Tahun Baru
Jakarta - Rayakan pergantian tahun, pesta BBQ jadi agenda utama. Jangan lupa siapkan peralatannya termasuk tusuk sate yang tepat.

Ada banyak bahan dan alat untuk menggelar pesta BBQ di rumah. Selain panggangan, tusuk sate juga perlu disiapkan. Jenis daging tertentu membutuhkan tusuk yang tepat agar mudah mengolahnya.

Jenis paling umum dari tusuk sate adalah tusuk bambu bulat. Bentuknya bulat dan tipis, dibuat dari limbah bambu yang diserut dengan mesin. Jenis tusukan ini terbilang paling mudah dijumpai di pasaran.

Sebelum Pesta BBQ, Siapkan Dulu Tusuk Sate yang TepatFoto: iStock

Baca Juga: Persiapan Pesta BBQ di Rumah, dari Peralatan hingga Menu Lezat

Tusuk bambu bulat cocok untuk membakar daging yang potongannya kecil dan bertekstur lembut seperti daging ayam. Bisa juga fillet ikan, cumi, atau udang yang populer sebagai bahan BBQ.

Untuk daging sapi, sebaiknya menggunakan tusuk bambu pipih. Berupa bilah bambu agak lebar dengan ujung sangat runcing. Bagian luar tusuk sate ini masih berupa kulit bambu.

Jenis tusuk sate ini memang cocok untuk potongan daging tebal seperti daging sapi. Tusuk bambu pipih juga lebih tahan panas. Kelebihan lainnya, bentuk tusuk yang pipih membuat susunan daging tak mudah bergeser saat dibakar.

Sebelum Pesta BBQ, Siapkan Dulu Tusuk Sate yang TepatFoto: iStock

Sebelum menggunakan tusuk bambu bulat atau pipih, rendam dahulu tusuk sate dengan air. Hal ini memungkinkan kotoran larut sekaligus membuat tusuk sate tak mudah hangus saat dibakar.

Selain itu juga ada tusuk sate besi ukuran kecil dan besar. Tusuk sate ini cocok buat sate sapi atau kambing. Besi yang panas akan mematangkan daging meskipun sudah diangkat dari api.

Nah, kalau sudah punya tusuk sate, tinggal siapkan alat-alat lain untuk BBQ. Mulai dari panggangan, arang, hingga aluminium foil untuk menjaga beberapa bahan makanan tak hancur saat dibakar.

Baca Juga: Mau Pesta BBQ Malam Tahun Baru? Pastikan Sudah Punya Alat Ini

(adr/odi)
FOKUS BERITA Pesta BBQ Tahun Baru

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com