Menu Natal dan Tahun Baru

Mau Pesta BBQ Malam Tahun Baru? Pastikan Sudah Punya Alat Ini

Devi Setya - detikFood Minggu, 31 Des 2017 13:11 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Tidak ada rencana keluar rumah di malam tahun baru? Mending bikin pesta bbq saja di rumah. Siapkan dulu alatnya yuk.

Pesta barbeque jadi momen populer yang banyak digelar saat malam pergantian tahun. Bukan hanya bahan makanannya saja yang penting, tapi berbagai alat barbeque juga harus jadi perhatian.

Jika malam ini berniat mau bikin homemade barbeque, pastikan sekarang sudah menyiapkan berbagai alat yang wajib dimiliki. Berikut daftar alat yang harus ada saat mau pesta barbeque.

1. Panggangan

Mau Pesta BBQ Malam Tahun Baru? Pastikan Sudah Punya Alat IniFoto: Istimewa

Pemanggang yang menggunakan gas memang memiliki beberapa keunggulan seperti lebih cepat matang, praktis dan efisien. Namun bahan yang dipanggang tidak akan seenak dan selezat jika diolah menggunakan pemanggang arang.

Panggangan arang membuat bahan yang dimasak memiliki aroma dan rasa yang lebih lezat karena adanya aroma alami dari asap yang keluar. Belum lagi ditambah keseruan saat memastikan bara api tetap hidup. Siapkan kipas sate ya!

Baca juga : Ini 5 Jenis Panggangan yang Bisa Anda Gunakan Untuk Pesta Barbeque

2. Rak panggangan

Mau Pesta BBQ Malam Tahun Baru? Pastikan Sudah Punya Alat IniFoto: Istimewa

Rak panggangan ini berfungsi untuk meletakkan bahan makanan seperti daging, ikan atau lainnya. Rak panggangan ini berbentuk garis-garis atau jaring. Gunakan rak panggangan yang memiliki sifat anti-lengket.

3. Penjepit makanan dan spatula

Mau Pesta BBQ Malam Tahun Baru? Pastikan Sudah Punya Alat IniFoto: Istimewa

Saat memanggang, alat ini akan sangat dibutuhkan karena tentu saja Anda tidak akan tahan dengan panasnya api ataupun bara dari panggangan. Alat penjepit dengan bentuk panjang akan sangat Anda butuhkan untuk membantu membalik dan mengangkat bahan makanan.

4. Alumunium foil

Mau Pesta BBQ Malam Tahun Baru? Pastikan Sudah Punya Alat IniFoto: Istimewa

Bahan makanan memang enak jika dibakar langsung di atas bara api namun beberapa jenis makanan bisa juga dibungkus terlebih dahulu sebelum dipanggang. Ikan, kentang atau sayuran bisa dipanggang dengan cara dibungkus terlebih dahulu menggunakan aluminium foil. Tujuannya adalah agar tidak hancur saat proses pemasakan.

Baca juga : Bikin Sayuran Panggang yang Renyah dan Enak dengan 5 Cara Ini!

(adr/odi)