Pisang Nugget atau Pisang Goreng? Klaim Kaesang Vs Jokowi Ramai di Medsos

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 10 Des 2018 14:17 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Kaesang menjual pisang goreng, namun Kaesang mengoreksinya sebagai pisang nugget. Yang mana yang benar?

Hari Sabtu (8/12), Jokowi dan keluarganya jalan-jalan di sekitar Istana Bogor. Mereka sempatkan foto keluarga dengan formasi hampir lengkap.

Nampak Jokowi duduk di pepohonan bersama cucu tertuanya, Jan Ethes. Ada juga Iriana Jokowi, Gibran Rakabuming, Selvi Ananda, Bobby Nasution, Kahiyang Ayu, dan anak mereka Sedah Mirah di dalam kereta bayi.

Foto hitam putih ini dibagikan Jokowi di media sosial. Di Twitter ia menyertakan keterangan, "Saya selalu bersyukur telah diberiNya anak-anak yang mandiri. Ada yang jualan kopi, martabak, juga menjual pisang goreng. Lalu dengan sepasang cucu, laki-laki dan perempuan -- lengkap sudah. Keluarga bagi saya selalu ada untuk memotivasi, mendorong, dan menambah semangat."

Pisang Nugget atau Pisang Goreng? Klaim Kaesang Vs Jokowi Ramai di MedsosFoto: Jokowi dan keluarga (Dr Tompi/Instagram @Jokowi)

Baca Juga: Disebut Jualan Pisang Goreng, Kaesang Protes ke Jokowi

Melihat kebersamaan manis tersebut, netizen mempertanyakan keberadaan anak bungsu Jokowi, Kaesang yang tak ada dalam foto. Kaesang yang sedang di luar kota berkelakar sambil menulis, "Ini saya yang motoin." Pria berkaca mata ini bahkan sempat meretweet editan foto dirinya yang seolah-olah ada bersama keluarganya.

Yang juga menarik perhatian adalah komentar Kaesang pada keterangan foto Jokowi. Ia mengoreksi ucapan sang ayah yang menyebut usahanya berjualan pisang goreng. "PISANG NAGET PAK BUKAN PISANG GORENG," tulis Kaesang di Twitter.

Kicauannya ini langsung mengundang ribuan komentar. Kebanyakan meminta agar Kaesang sopan pada presiden. "Mas, tolong yg sopan dong sama Pak Presiden," tulis @nainzoolkar disertai emoji tertawa. Sementara @wowoalqardusy mengatakan, "Emg kamu siapa pak Jokowi??"

Pisang Nugget atau Pisang Goreng? Klaim Kaesang Vs Jokowi Ramai di MedsosFoto: Twitter Kaesang

Komentar lain juga menyisakan kubu pisang goreng yang membenarkan keterangan Jokowi dan kubu pisang nugget yang diklaim Kaesang. Politisi Mohamad Guntur Romli ikut berkomentar. "Sudah dipromosikan, masih aja protes 😀 pisang nagetnya kan juga digoreng 😀," tulisnya.

Sedangkan @simkuringporsea memberikan pendapatnya. Ia berkicau, "Iya beda ya: pisang naget dibongkar, pisang nya udah hilang, pisang goreng dibongkar, masih ketemu pisang nya." Lalu mana yang benar?


Tonton video: Saat Kaesang Protes Cuitan Jokowi

[Gambas:Video 20detik]



Dilihat dari bahan pembuatannya, baik pisang goreng maupun pisang nugget sama-sama dibuat dari pisang dan tepung sebagai bahan utamanya. Bedanya pisang goreng umumnya memakai tepung terigu, sementara pisang nugget dibalut tepung roti atau tepung panir lalu digoreng.

Pisang Nugget atau Pisang Goreng? Klaim Kaesang Vs Jokowi Ramai di MedsosFoto: Detikfood

Perbedaan lain adalah pisang goreng menggunakan pisang utuh, sementara pisang nugget seperti yang dijual Kaesang di Sang Pisang, memakai pisang yang sudah dilumatkan. Pelengkapnya juga tak sama dimana pisang goreng paling umum dinikmati langsung. Sedangkan pisang nugget ditambahkan aneka topping seperti saus cokelat, meisjes, keju, hingga selai-selai premium.

Dilihat dari kriteria di atas, bisa dibilang pisang nugget adalah kreasi pisang goreng kekinian. Terdapat perbedaan dalam pengolahan dan penyajian keduanya. Tapi karena sama-sama digoreng, jadi sebutan pisang goreng Jokowi terhadap Sang Pisang sebenarnya tepat. Namun kalau mau lebih spesifik, sebutan pisang nugget-lah yang seharusnya disematkan. Nah, kalau menurut kamu bagaimana?

Baca Juga: Ini Produk Baru 'Sang Pisang' yang Bakal Dirilis Kaesang Pangarep

(adr/odi)