Kenapa Ya Madu Manuka Mahal Harganya?

Devi Setya - detikFood Jumat, 07 Des 2018 15:50 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Madu manuka dikenal sebagai madu yang lebih menyehatkan dibandingkan madu biasa. Madu manuka memiliki banyak khasiat, inilah yang membuat madu ini mahal.

Madu manuka sering disebut sebagai madu yang mahal dan langka. Yang membuat madu ini mahal karena diproduksi oleh lebah yang hanya mengonsumsi sari dari bunga manuka. Madu manuka ini secara eksklusif diproduksi di Selandia Baru.
Kenapa Ya Madu Manuka Mahal Harganya?Foto: Istock

Baca juga : Madu Manuka dari Selandia Baru, Madu Antibakteri Unggul yang Kaya Khasiat

Bukan tanpaa alasan, manu manuka diproduksi di Selandia Baru karena bunga manuka adalah tanaman endemik wilayan ini. Bunga manuka hanya bisa tumbuh di daerah Selandia Baru dan Australia bagian Selatan.

Selain itu, ada hal lain yang juga membuatnya mahal. Bunga manuka hanya mekar selama beberapa minggu dalam setahun jadi produksi madu yang dihasilkan sangatlah terbatas.

Belum lagi adanya kendala yang mungkin mengganggu proses produksi madu seperti cuaca buruk dan minimnya nectar yang dihasilkan bunga.

Proses panjang dan rumit inilah yang membuat madu manuka dibanderol dengan harga yang tinggi. Satu botol madu manuka berukuran 260 ml dibanderol dengan harga $ 60 (Rp 715 ribu).
Kenapa Ya Madu Manuka Mahal Harganya?Foto: Istock

Lantas kenapa madu manuka dianggap sangat baik? Dilansir dari Food Beast, madu manuka mengandung senyawa alami yang disebut Methylglyoxal atau MGO. Bahan ini adalah bagian dari madu yang memiliki sangat banyak manfaat. Semakin tinggi kandungan MGO maka semakin baik juga kualitas madu.

Dalam kemasan madu manuka, selalu tercantum berapa banyak kadar kandungan MGO dalam madu.

Banyak orang memanfaatkan madu manuka sebagai suplemen alami untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan sumber energi. Madu manuka paling banyak diburu ketika musim dingin atau musim hujan tiba.
Kenapa Ya Madu Manuka Mahal Harganya?Foto: Istock

Baca juga : Mampir ke Auckland, Jangan Lupa Beli Madu Manuka!

Madu manuka mengandung asam amino, vitamin B kompleks, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, magnesium dan nutrisi lainnya. Karena kaya nutrisi, madu ini juga berkhasiat meredakan gangguan pencernaan, infeksi bakteri hingga mengobati luka pada usus besar yang disebabkan penyakit radang inflamasi kronis.

Madu manuka juga bisa mengobati sinusitis hingga melawan plak pada gigi. Tak hanya itu, madu manuka juga banyak dijadikan bahan perawatan kecantikan. Paling banyak madu manuka dijadikan bahan pembersih wajah hingga masker wajah. (dvs/odi)