Mau Coba? Burger Ungu Ini Berisi Sisig Khas Filipina

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 05 Des 2018 17:33 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Restoran Filipina di New York, Amerika Serikat ini punya burger unik. Roti burgernya berwarna ungu dengan isian berbeda. Apa saja isiannya?

Banyak restoran Asia fushion yang memadukan citarasa khas Asia dan western food. Menu western yang paling banyak dipadukan adalah burger.

Mau Coba? Burger Ungu Ini Berisi Sisig Khas FilipinaFoto: Istimewa
Karenanya kini hadir ragam kreasi burger unik di AS. Sebut saja burger yang berisi chicken katsu hingga burger ramen dari restoran fushion Jepang.

Baca juga: Siapa Mau Cicip Burger Jumbo Buatan Chef Turki yang Manis Ini?

Baru-baru ini restoran Filipina bernama Tamà Restaurant yang berlokasi di 147 Lewis Avenue, Brooklyn menyajikan burger berwarna ungu. Burger tersebut terlihat sangat menggiurkan dan instagramable.

Berbeda dengan burger kebanyakan, burger yang satu ini berisi saus pedas dan cabai aioli, telur goreng, sayuran dan patty yang terbuat dari sisig.

Mau Coba? Burger Ungu Ini Berisi Sisig Khas FilipinaFoto: Istimewa
Sisig merupakan sajian pembuka khas Filipina. Di sana, kata sisig atau kapampangan berarti sajian pembuka yang asam segar. Hidangan ini dibuat dari kuping babi yang direbus kemudian dipanggang dan dicampur dengan bumbu cuka yang asam segar. Hidangan ini sangatlah bersejarah di Filipina. Sebab sisig sudah ada sejak tahun 1970.

Keistimewaan lain dari burger ini ialah warna roti burgernya. Warna ungu di roti burgernya bukanlah berasal dari pewarna makanan, melainkan terbuat dari pencampuran ubi ungu yang umum ditemukan di Filipina dan negara Asia lainnya.

Mau Coba? Burger Ungu Ini Berisi Sisig Khas FilipinaFoto: Istimewa
Karena pemakaian sisig rasa burger ini juga berbeda dengan burger pada umumnya, Rasanya jadi lebih beragam, sebab ada rasa asam sedikit pedas.

"Rasanya sangat mirip dengan ... sepotong lemak charcuterie, yang digoreng dengan banyak minyak," jelas Miguel de Leon pemilik sekaligus juru masak Tamà Restaurant pada NY Post (27/4).

Karena pemakaian sisig, kreasi burger ini diberi nama Sisig Burger. Satu porsi Sisig Burger dibanderol sebesar $ 8,50 (Rp 122 ribu). Tertarik coba?

Baca juga: Sisig, Warisan Kuliner Filipina yang Unik Hadir di WSF Jamboree


View this post on Instagram

Would you eat this purple burger? #forkyeah

A post shared by thrillist (@thrillist) on Dec 2, 2018 at 5:04pm PST

(dwa/odi)