'Udang Mabuk,' Menu Populer dari Suzhou yang Segar Manis

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 05 Des 2018 12:50 WIB
Foto: Instagram
Jakarta - Berkunjung ke China, banyak restoran menawarkan menu makanan unik. Seperti restoran ini yang suguhkan menu udang mabuk. Kayak apa ya?

Di wilayah Suzhou, China, ada hidangan populer bernama 'drunken shrimp' atau udang mabuk. Meski namanya terdengar aneh, tapi hidangan yang satu ini masuk ke dalam makanan yang paling digemari di Suzhou.

Baca Juga: Udang Hidup 'Dikerubungi' Semut Jadi Sajian Sensasional Restoran Noma Jepang
'Udang Mabuk,' Menu Populer dari Suzhou yang Segar ManisFoto: Instagram
Drunken shrimp terdiri dari udang yang masih segar dan hidup, kemudian dicampur dengan saus berbahan dasar alkohol sebelum disajikan di atas meja. Udang yang digunakan juga jenis udang air tawar.

Dilansir Foodbeast (29/11), drunken shrimp masuk ke dalam makanan unik karena ketika disajikan, udang-udang ini masih melompat dengan lincah dari dalam mangkuk meski sudah dilumuri dengan saus alkohol. Banyak juga restoran yang meebus udang dalam waktu singkat, sebelum disajikan ke pengunjung.
'Udang Mabuk,' Menu Populer dari Suzhou yang Segar ManisFoto: Instagram
Salah satu restoran yang menyajikan udang mabuk adalah Laodongwu di Suzhou. Udang-udang yang masih hidup ini terlihat bergerak dan melompat dari dalam mangkuk saus. Kegunaan saus alkohol ini bertujuan untuk membuat orang lebih mudah menelan udang yang masih hidup.

"Rasa udang ini cukup segar, dan rasanya enak. Ada sedikit rasa manis yang terdapat dalam udang hidup, dicampur dengan saus alkohol sehingga makanan ini rasanya unik dan lezat," ungkap salah satu pengunjung yang pertama kali mencoba hidangan ini.
'Udang Mabuk,' Menu Populer dari Suzhou yang Segar ManisFoto: Instagram
Meski hidangan drunken shrimp ini sudah ada sejak dulu, tapi di beberapa negara hidangan ini masih mengundang perdebatan.

Beberapa ahli gizi dan kesehatan menyebutkan bahwa mengonsumsi udang air tawar mentah dapat meningkatkan risiko terkena paragonimiasis. Penyakit yang disebabkan cacing daun dan biasanya hidup di dalam paru-paru manusia hingga hewan.

Baca Juga: Mencicipi Darah Mentah Hingga Serangga Hidup, Anda Berani Coba?


View this post on Instagram

A post shared by foodbeast (@foodbeast) on Nov 27, 2018 at 3:47pm PST

(sob/odi)