Lagi Hits! Kopi Peng Disajikan di Kaleng Susu Kental Manis

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 03 Des 2018 13:33 WIB
Foto: World of Buzz Foto: World of Buzz
Jakarta - Penang, jadi salah satu tempat wisata kuliner yang cukup populer di Malaysia. Banyak makanan dan minuman legendaris dan enak di sana.

Selain punya laksa yang asam segar, Penang terkenal akan kelezatan kopi pengnya. Di sana, menu itu dijual di restoran hingga kedai makan pinggir jalan.

Lagi Hits! Kopi Peng Disajikan di Kaleng Susu Kental Manis Foto: World of Buzz
Bicara soal kopi peng, ada satu kedai kopi peng unik yang tengah hits di Penang. Kalau kopi peng biasa disajikan di dalam gelas, di kedai itu justru disajikan di kaleng susu kental manis bekas.

Bagian atas kaleng sengaja tak dilepas sempurna, justru bagian tengahnya dibolongi untuk meletakkan sedotan plastik yang ada. Kertas label merek susu kental manisnya pun sengaja tak dilepas. Sehingga tampak seperti sekaleng susu kental manis biasa. Hal unik ini bisa didapat di Kedai Kopi Bobo di Bayan Lepas lapor World of Buzz (2/12).

Lagi Hits! Kopi Peng Disajikan di Kaleng Susu Kental Manis Foto: World of Buzz
Baca juga: Kalau ke Penang, Jangan Lupa Jajan Nasi Kandar

Kedai Kopi Bobo, sebelumnya dikenal akan kelezatan prawn mee, chee cheong fun and curry meenya. Tapi kini, menu Kopi Peng Specialnya jadi incaran penikmat kopi.

Kopi peng merupakan sebutan es kopi tarik. Tak heran kalau ada buih tipis yang melapisi permukaan kaleng susu diselingi dengan bongkahan es batu. Istilah peng sendiri diberikan untuk minuman yang disajikan dengan es batu.

Lagi Hits! Kopi Peng Disajikan di Kaleng Susu Kental Manis Foto: World of Buzz
Segelas kopi peng yang dingin emang paling enak dinikmati dengan semangkuk prawn mee ataupun curry meenya. Apalagi dimakan saat cuaca sedang mendung.

Tapi walau terlihat unik, kopi peng yang disajikan di dalam kaleng bekas susu kental manis itu dinilai berbahaya. Sebab bagian atas kaleng yang terbuka sangatlah tajam.

Lagi Hits! Kopi Peng Disajikan di Kaleng Susu Kental Manis Foto: World of Buzz
Beberapa juga menyebut bahwa penggunaan kaleng susu bekas sangatlah tidak higienis. Terakhir, jika tak sengaja menggores kaleng bagian dalam, maka goresan kaleng akan tercampur dengan minuman.

Melihat hal itu, pihak Kedai Kopi Bobo membebaskan pelanggannya memilih cara penyajian kopi peng. Bisa menggunakan kaleng susu kental manis maupun gelas kopi biasa.

Baca juga: Jangan Tinggalkan Penang Sebelum Cicipi Kwetiau Goreng Enak di 7 Tempat Ini (dwa/odi)