Sarapan Tradisional

Ada Nasi Kuning hingga Buroncong Legit Buat Sarapan di Makassar

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 28 Nov 2018 14:30 WIB
Foto: Instagram
FOKUS BERITA Sarapan Tradisional
Makassar - Belayar ke Makassar tidak lengkap jika tak mencoba sarapan legendaris di sana. Ada menu coto, nasi, hingga kue-kue legit disajikan hangat.

Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan kaya akan budaya dan destinasi wisata kuliner. Di sini menu sarapan yang ditawarkan juga beragam, ada bubur ayam, coto, nasi kuning, dan aneka kue khas Makassar.

Nah, kalau berkunjung ke Makassar jangan lupa 5 menu sarapan populer ini.

Baca Juga: Bikin Nagih dan Kangen, Sarapan Soto hingga Pecel Legendaris di Pasar Beringharjo


1. Nasi Kuning Riburane
Ada Nasi Kuning hingga Buroncong Legit Buat Sarapan di MakassarFoto: Instagram
Bertempat di Jalan Riburane, warung makan nasi kuning ini masuk ke dalam tempat sarapan yang paling laris dan terkenal di Makassar. Meski banyak yang menjual nasi kuning di kota ini, tapi warung nasi kuning Riburane tidak pernah kehilangan pelanggannya sejak pertama kali di buka pada era 80an. Setiap harinya warung ini buka sejak jam 7 pagi.

Meski tampilannya sederhana, tapi nasi kuning ini rupanya menjadi menu sarapan favorit SBY di Makassar. Menunya terbagi dua, porsi nasi kuning biasa atau jumbo. Dalam satu porsi nasi kuning, lauk yang ditawarkan cukup komplet seperti telur pindang, paru goreng, sayur labu, sayur nangka, abon, kentang, kerupuk hingga sambal yang cukup pedas.


2. Bubur Ayam Mbak Sri
Ada Nasi Kuning hingga Buroncong Legit Buat Sarapan di MakassarFoto: Instagram
Mau sarapan bubur ayam paling terkenal di Makassar? Mampir saja ke Bubur Ayam Mbak Sri di Jalan Mappanyukki. Buka sejak jam 6 pagi, warung makan ini tidak pernah sepi dari pengunjung, bahkan Anda harus rela mengantre untuk mendapatkan tempat duduk terutama di pagi hari.

Di sini racikan bubur ayam Mbak Sri memang berbeda dengan bubur ayam lainnya, tekstur bubur sangat halus dan lembut ditambah dengan rasa bubur yang gurih. Porsinya juga royal, apalagi dengan tambahan suwiran daging ayam, sate ati ampela, telur, potongan cakwe, dan kacang goreng yang bisa diambil sepuasnya.



3. Aroma Coto Gagak
Ada Nasi Kuning hingga Buroncong Legit Buat Sarapan di MakassarFoto: Instagram
Dari SBY hingga Jokowi, sudah menjadi langganan di rumah makan Aroma Coto Gagak. Rumah makan ini buka selama 24 jam, dan paling ramai di waktu sarapan. Pertama kali buka sejak tahun 1973, dan tidak pernah kehilangan pelanggan setianya. Tidak hanya para pejabat saja, tapi artis seperti Krisdayanti rupanya juga sering sarapan di sini.

Untuk menu yang ditawarkan memang tidak berbeda dengan coto Makassar lainnya. Tapi yang membedakannya terletak di cita rasa khas, di mana menggunakan resep rahasia sejak puluhan tahun yang lalu. Di sini irisan daging dalam soto juga empuk, biasanya dimakan dengan nasi putih atau ketupat yang kenyal.


4. Bassang

Ada Nasi Kuning hingga Buroncong Legit Buat Sarapan di MakassarFoto: Instagram
Kalau mau coba menu sarapan khas Makassar yang tidak ada di tempat lainnya, bisa coba bassang. Bubur ini merupakan olahan dari biji jagung, yang disajikan dengan gula pasir atau ditambah dengan air jahe.

Biasanya bassang dijual oleh penjual keliling, terutama di pagi hari dari jam 6 pagi hingga 9 pagi. Bassang cukup unik, karena menggunakan jagung pulut atau jagung ketan. Agar lebih kenyang, bassang sering disajikan dengan ketan hitam dan diberi topping seperti kopi atau susu bubuk.


5. Buroncong

Ada Nasi Kuning hingga Buroncong Legit Buat Sarapan di MakassarFoto: Instagram
Mau sarapan sambil lari pagi di Pantai Losari? Bisa cicip kue buroncong, yang hangat legit dan selalu diminati masyarakat Makassar. Sarapan kue buroncong di Pantai Losari, semakin terkenal setelah Jusuf Kalla sempat sarapan di sana dengan teh hangat.

Kue buroncong merupakan kue tradisional khas Makassar dengan bentuk setengah lingkaran, yang dibuat dari tepung dan santan, disajikan bersama parutan kelapa muda. Mirip seperti kue pancong. Tak perlu khawatir mencari kue buroncong ini, karena banyak penjual kue buroncong di sepanjang pantai Losari dengan harga yang terjangkau.


Baca Juga: Soto Banjar hingga Soto Semarang, Gurih Mantap Buat Sarapan (sob/odi)
FOKUS BERITA Sarapan Tradisional

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com