Ini 7 Festival Makanan yang Ada di Jerman Hingga Prancis

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 23 Nov 2018 18:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Makanan selalu ada dalam suatu perayaan setiap budaya. Di negara ini, ada banyak festival makanan unik yang hanya ada di bulan tertentu.

Dari asparagus, truffle hingga ikan menjadi festival unik yang ada diberbagai negara. Nah, khusus untuk wisatawan, kalau mampir ke negara-negara ini bisa datang untuk ikut berpesta sambil menikmati pengalaman baru.

Berikut ini beberapa festival makanan yang ada di Jerman hingga Prancis yang dilansir dalam Lonely Planet.

1. Lisbon, Portugal

Ini 7 Festival Makanan yang Ada di Jerman Hingga PrancisFoto: Istimewa

Peringatan kematian Antonio, orang suci abad ke-13 yang dipuja oleh Lisboetas sebagai pelindung kota ini ditandai dengan pesta. Dalam perayaan ini juga terdapat simbol basil dan sarden yang disebut-sebut sebagai harta musim panas. Dari 12-13 Juni, lebih dari 50 arraiais (pesta jalanan) dapat menghidupkan lingkungan bersejarang yang cantik di Alfama, Castelo dan Madragoa.

Vinho verde ('hijau' atau wine muda) mengalir dengan bebas, udara yang tebal dengan nyanyian dan asap berminyak dari sarden panggang selalu ada dalam persembahan manjericos.

Baca juga: Festival Bubur hingga Panen Buah Cherry, Ini 5 Festival Makanan Unik di Dunia

2. Schwetzingen, Jerman

Ini 7 Festival Makanan yang Ada di Jerman Hingga PrancisFoto: Istimewa

Spargelfest merupakan festival makanan yang populer di Jerman. Asparagus putih menjadi makanan ikonik, karena di Schwetzingen ada dataran subur antara sungai Rhine dan Neckar. Setiap tahunnya, di Jerman selalu ada festival asparagus yang disebut dengan Spargelfest.

Spargelzeit atau disebut juga musim asparagus dirayakan dengan alunan musik dan turut hadir 'Asparagus Queen'.

3. New Mexico, Amerika Serikat

Ini 7 Festival Makanan yang Ada di Jerman Hingga PrancisFoto: Istimewa

Terkenal diseluruh bagian barat daya, Hatch Chiles tumbuh di sepanjang bagian Rio Grande yang berpusat di kota kecil New Mexico, Hatch. Ada lebih dari 30.000 pengunjung yang datang setiap Hari Buruh. Ketika capcaisin merah yang panas panen, ini merupakan Festival Hatch Valley Chile dimulai.

Hatch Chiles adalah bahan penting dalam masakan Barat Daya. Biasanya dibuat dalam bentuk sup hingga enchilada. Bahkan sering juga dijadikan lomba untuk makan cabai pedas ini.

4. Piedmont, Italia

Ini 7 Festival Makanan yang Ada di Jerman Hingga PrancisFoto: Istimewa

Beberapa makanan memang sering mejadi ikon suatu daerah. Wilayah Piedmont, Italia Utara menjadi tempat yang terkenal dengan jamurnya. Setiap musim gugur, truffle putih banyak tumbuh. Alba Truffle Fair dirayakan setiap akhir pekan tepatnya dari pertengahan Oktober hingga pertengahan November di Fiera del Tartufo. Pusatnya ada di White Truffle Market yang banyak menjual jamur berharga dari hutan Langes-Roero dan Monferrato yang terdaftar di UNESCO.

5. Nassau, Bahama

Ini 7 Festival Makanan yang Ada di Jerman Hingga PrancisFoto: Istimewa

Nassau merupakan sarang bajak laut tua yang terkenal di jantung Bahama. Selain penuh dengan bangunan sejarah, bahama juga punya festival RumBahamas, dimana kita dapat berpesta sambil menikmati makanan dan rum terbaik dari seluruh Karibia, Utara Atlantik dan Amerika Latin. Nassau sendiri menjadi tempat yang banyak memiliki ragam kerang dan aneka seafood.

6. Lofoten Islands, Norwegia

Ini 7 Festival Makanan yang Ada di Jerman Hingga PrancisFoto: Istimewa

Norwegia menjadi rumah bagi ikan terbaik di dunia. Di bulan antara Januari dan Maret setiap tahunnya populasi ikan besar ini semakin banyak sehingga diselenggarakan festival Skreifestivalen. Pada bulan tersebut, ikan Skrei atau Arktik Cod luar berenang dari laut Barents yang dingin ke tempat pemijahan di Lofoten. Dalam perayaan Skreifestivalen, masyarakat melakukan memancing di laut dalam selama tiga hari. Dalam acara ini ada juga pameran kerajinan lokal dan ikan yang didapatkan dapat dibuat menjadi sajian sup hangat.

7. Prancis

Ini 7 Festival Makanan yang Ada di Jerman Hingga PrancisFoto: Istimewa

Buah anggur Gamay yang gelap, Boaujolais Nouveau difermentasi hanya enam minggu sebelum dirilis pada pertengahan malam pada Kamis ketiga di bulan November. Dalam perayaan Sarmentelles de Beaujeu, para tamu dapat menikmati wine berkualitas sambil ditemani musik dan juga tarian.

Baca juga: Ini 10 Festival Makanan Unik yang Ada di Amerika (1) (lus/odi)