Festival Bubur hingga Panen Buah Cherry, Ini 5 Festival Makanan Unik di Dunia

Devi Setya - detikFood Rabu, 17 Okt 2018 09:22 WIB
Foto: Istimewa/CNN Foto: Istimewa/CNN
Jakarta - Apapun yang berkaitan dengan makanan pastilah menarik perhatian. Termasuk deretan festival kuliner seru yang digelar rutin di beberapa negara.

Ada festival membuat bubur di Skotlandia hingga festival memanen buah cherry di Michigan. Bukan sekadar perayaan biasa, festival ini bisa jadi salah satu cara menggaet wisatawan. Apa saja festival kuliner unik lainnya?

1. Festival membuat bubur, Skotlandia
Festival Bubur hingga Panen Buah Cherry, Ini 5 Festival Makanan Unik di DuniaFoto: Istimewa/CNN
Di Skotlandia, bubur jadi menu sarapan klasik yang sangat populer. Biasanya bubur juga diolah dengan tambahan muesli. Saking spesialnya hidangan ini, masyarakat Skotlandia bahkan memiliki hari khusus untuk menggelar festival bubur.

Event ini digelar di Carrbridge, sebuah desa kecil di Taman Nasional Cairngorms. Bukan sekedar festival biasa, ini adalah World Porridge-Making Championship alias lomba memasak bubur tingkat dunia.

Terkesan sepele tapi membuat bubur ala Skotlandia ini tidaklah mudah karena adonan harus diaduk terus menerus beberapa jam. Setelah lomba berakhir, masyarakat akan menyantap bubur bersama-sama.

Baca juga : Ini 10 Festival Makanan Unik yang Ada di Amerika (1)

2. Pasar Bawang, Swiss
Festival Bubur hingga Panen Buah Cherry, Ini 5 Festival Makanan Unik di DuniaFoto: Istimewa/CNN
Festival bawang atau pasar bawang selalu digelar secara rutin di Bern. Nama festival ini Bern's Onion Market yang juga tercatat sebagai festival rakyat terbesar di Swiss.

Ada sekitar 50 ton bawang yang dikepang, dibentuk melingkar atau di tata memanjang. Meskipun produk utamanya adalah bawang tapi di sini juga dijual beragam pakaian, aksesoris hingga mainan anak-anak.

Festival dimulai pada pagi hari pukul 6 dan seluruh area ini akan bau bawang. Termasuk juga ada hidangan berbahan bawang yang bisa dijajal seperti sup bawang hingga kue bawang yang dipanggang.

3. Festival selada air, Inggris
Festival Bubur hingga Panen Buah Cherry, Ini 5 Festival Makanan Unik di DuniaFoto: Istimewa/CNN

Di Hampshire ada festival makanan yang rutin digelar yakni festival selada air. Selada air memang bukan bahan baku namun sayuran ini kerap ditambahkan dalam masakan tradisional Inggris seperti sup, salad hingga saus.

Festival ini digelar setiap minggu ketiga bulan Mei di desa New Alresford. Saat acara digelar, sepanjang jalan desa ini akan dijumpai para petani yang membawa produk hasil pamen mereka.

Di sini juga bisa dijumpai makanan dengan campuran selada air seperti ikan trout dengan selada, daging sapi dengan selada hingga selada gulung yang mirip sushi. Acara ini juga menobatkan sepasang orang yang akan dipilih jadi Ratu dan Raja Selada. Menarik ya!

4. Festival dumpling, Hong Kong
Festival Bubur hingga Panen Buah Cherry, Ini 5 Festival Makanan Unik di DuniaFoto: Istimewa
Festival ini rutin digelar setiap tahunnya. Pada hari ke lima setelah pergantian tahun baru China akan banyak orang yang membuat dan menyajikan dumpling atau pangsit.

Saat festival berlangsung, di Hong Kong ini jadi hari libur nasional. Jadi tak heran banyak orang tumpah ruah ke jalan demi bisa meramaikan momen makan dumpling. Selain makan pangsit, masyarakat juga menggelar lomba dayung perahu naga.

Baca juga : Festival Serangga dan 'Perang Tomat', Festival Makanan Unik di Dunia (2)

5. Festival buah cherry, Michigan
Festival Bubur hingga Panen Buah Cherry, Ini 5 Festival Makanan Unik di DuniaFoto: Istimewa/CNN

Kota Traverse di Michigan selalu bangga dengan hasil buminya yang berlimpah yakni buah cherry. Buah cherry mulai ditanam sejak tahun 1852 dan hingga kini jumlah pohonnya meningkat tajam.

Pohon cherry di Michigan terbilang sangat kuat karena pohon ini mampu bertahan pada musim dingin yang ekstreme. Puncak masa panen buah ini terjadi di bulan Juli dan festival digelar selama seminggu.




Tonton juga 'Variasi Makanan Penutup yang Beraneka Ragam dan Kekinian':

[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)