Manjakan Lidah dengan Kuliner Nusantara di Festival Jajanan Bango 2018

Devi Setya - detikFood Sabtu, 14 Apr 2018 18:00 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Tidak kemana-mana akhir pekan ini? Wisata kuliner saja di Jakarta, memanjakan lidah dengan deretan makanan Nusantara yang enak di Festival Jajanan Bango 2018.

Event kuliner tahunan Festival Jajanan Bango (FJB) kembali digelar. Pencinta kuliner bisa menikmati ragam suguhan makanan Nusantara otentik yang didatangkan langsung dari daerah asalnya.

Kali ini dengan mengusung tema '90 Tahun Melezatkan Setulus Hati', FJB digelar di dua kota besar yakni Jakarta dan Makassar. Khusus di Jakarta, event akan berlangsung pada 14-15 April 2018 dengan menghadirkan lebih dari 80 legenda kuliner yang berasal dari ujung Barat hingga Timur Indonesia.

Baca juga : Puluhan Penjaja Kuliner Indonesia Akan Hadir di Festival Jajanan Bango Jakarta dan Makassar

Berlokasi di Park & Ride Thamrin 10, Jakarta, FJB dibuka oleh Triawan Munaf selaku Kepala Bekraf RI, Vita Datau selaku Ketua Percepatan Wisata Kuliner dan Kementrian Belanja Kementrian Pariwisata Indonesia dan Hernie Raharja selaku Food Director PT Unilever Indonesia Tbk.
Manjakan Lidah dengan Kuliner Nusantara di Festival Jajanan Bango 2018Foto: dok. detikFood
"Salah satu tujuan kami adalah mempopulerkan kuliner Nusantara dan menyejahterakan penjaja kuliner dari daerah. Kali ini ada area Kampung Soto yang menghadirkan soto-soto enak dari daerah. Sementara seluruhnya total ada 80 kuliner," kata Hernie saat pembukaan FJB di Jakarta (14/4).

Ada perbedaan FJB kali ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, kali ini dihadirkan area Kampung Soto yang menyediakan ragam soto Nusantara. Total ada 15 stand soto yang meramaikan acara ini. Beberapa soto yang bisa dicoba antara lain Soto Sokoraja, Soto Padang H. Mangkuto, Pindang Iga, Pallubasa Ma Daeng, Soto Gubeng Surabaya dan soto lain yang tak kalah menggoda.
Manjakan Lidah dengan Kuliner Nusantara di Festival Jajanan Bango 2018Foto: dok. detikFood
Selain itu, ada puluhan ragam kuliner daerah yang populer di tempat asalnya seperti Sate Klathak Ma Adi dari Bantul, Sate Maranggi dari Purwakarta, Ayam Bakar Bali, Sate Beureum, Mangut Ikan Manyung dari Semarang, Roti Cane Sabang, Seblak dari Bandung hingga Asinan Khas Betawi yang segar disantap siang hari.

Baca juga : Pengusaha Makanan Tradisional Diundang Ikut 'Bango Penerus Warisan Kuliner 2018'

Untuk bisa masuk dan menikmati ragam sajian di FJB, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000. Sementara makanan dan minuman di sini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 35.000.

Sambil kulineran, pengunjung juga bisa menambah pengetahuan soal rempah Indonesia, mengenal ragam makanan dari Sabang sampai Merauke, hingga informasi tentang proses pembuatan kecap manis. (sob/adr)