Cantiknya! Restoran Ini Bikin Praline Bentuk Topeng yang Ada di Noh Play

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 22 Nov 2018 15:36 WIB
Foto: This Is Insider Foto: This Is Insider
Jakarta - Restoran ini sajikan praline bentuk unik. Bentuknya dibuat semirip mungkin dengan salah satu topeng yang dipakai dalam drama musikal klasik Jepang, Noh Play.

Noh sendiri berasal dari kata Sino-Jepang yang artinya "keterampilan" atau "bakat". Karenanya diperlukan keterampilan khusus untuk memainkan drama klasik ini. Terlebih drama musikal ini sudah ada sejak abad ke 14.

Cantiknya! Restoran Ini Bikin Praline Bentuk Topeng yang Ada di Noh PlayFoto: This Is Insider
Drama ini rata-rata diperankan oleh kaum pria. Karenanya mereka mengenakan beragam topeng dengan raut wajah berbeda. Hal inilah yang membuat chef salah satu restoran Jepang di Las Vegas membuat praline bentuk Noh Play.

"Ada satu drama teatrikal yang dimainkan oleh para pria yang mengenakan topeng di Jepang. Topeng-topeng itu menggambarkan beragam karakter dan emosi seperti marah, senang, sedih. Di Las Vegas sendiri, Anda bisa mendapati orang yang bahagia karena mereka memenangkan banyak pertandingan. Dan Anda juga bisa melihat orang yang marah karena kekalahannya," jelas Devin selaku Executive Chef Mizumi, Las Vegas.

Cantiknya! Restoran Ini Bikin Praline Bentuk Topeng yang Ada di Noh PlayFoto: This Is Insider
Baca juga: Bosan dengan Mooncake Biasa? Yuk, Bikin Mooncake Cokelat Praline!

Meski begitu, Mizumi Chocolate Mask hanya menonjolkan satu karakter berekspresi netral. Yakni topeng wajah seorang wanita Jepang zaman dulu. "Menurutku kami harus membuat karakter yang netral," tambah Devin.

Hampir sama dengan praline pada umumnya, kreasi praline milik Devin juga terbuat dari cokelat putih yang dicetak. Setelah membentuk topeng wajah wanita, cokelat tersebut diberi isian berupa choco mousse, hazelnut dacquiose, dan praline puffed rice. Kemudian bagian bawahnya dilapisi dengan cokelat putih berbentuk oval yang datar.

Cantiknya! Restoran Ini Bikin Praline Bentuk Topeng yang Ada di Noh PlayFoto: This Is Insider
Bedanya, praline ini masuk dalam kategori praline bernilai seni tinggi. Sebab tiap topeng, dilukis satu persatu oleh sang juru masak. Mulai dari bagian rambut, mata, hidung, dan bibir.

Mizumi Chocolate Mask tersaji bersama satu skop es krim vanilla. Berdasarkan keterangan This Is Insider (12/4), rasa praline ini sangatlah unik. Bagian luarnya terasa manis dan renyah. Tapi bagian dalamnya sangat lembut, legit sekaligus sedikit renyah.

Melihat bentuknya, banyak pengunjung yang tak ingin merusak praline ini. Padahal cara melahapnya ialah dengan memecah ataupun memotong praline dengan pisau seperti dituturkan oleh Davin.

Baca juga: Peanut Butter Praline




Tonton juga 'Uniknya Pertunjukan Busana Berhias Cokelat di Prancis':

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)