Ragam Bakso Enak

Jajan Pentol Super Pedas Ditemani Bakso Bakar Asam Manis di Wae Atuh

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 14 Nov 2018 13:45 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Ragam Bakso Enak
Jakarta - Bakso punya versi jajanan kekiniannya, yaitu pentol dan bakso bakar. Diolesi sambal super pedas, dan dibalut saus asam manis, dua jenis bakso ini patut dicoba.

Digemari banyak orang, bakso masuk ke dalam hidangan populer yang disajikan di kaki lima hingga restoran. Nah, kini muncul pentol dan bakso bakar yang tak kalah enak dan menggugah selera.

Baca Juga: Gurihnya Bakso Rawit Tulang Sumsum dengan Potongan Daging Iga Sapi
Jajan Pentol Super Pedas Ditemani Bakso Bakar Asam Manis di Wae AtuhFoto: dok. detikFood
Pentol sendiri merupakan jajanan yang terkenal di Jawa Timur dan Jawa Tengah, tampilannya mirip seperti bakso. Bedanya pentol dibuat dengan sambal cabe super pedas dan disajikan ketika hangat.

Kalau bakso bakar, memang bukan jajanan baru. Tapi rasanya tidak pernah mengecewakan. Di Seblak Wae Atuh, yang terletak di wilayah Tanjung Duren, Jakarta Barat. Punya racikan pentol super pedas dengan bakso bakar asam manis.

"Level pedas pentol bisa dipilih sesuai selera, kalau bakso bakar sausnya ada asam manis," tutur salah satu pegawai Seblak Wae Atuh, yang terkenal dengan racikan seblak pedas dan pentolnya.
Jajan Pentol Super Pedas Ditemani Bakso Bakar Asam Manis di Wae AtuhFoto: dok. detikFood
Harga satu porsi pentol pedas dibanderol Rp. 10.000,- terdiri dari 4 buah pentol, begitu juga dengan satu tusuk bakso bakar. Di Seblak Wae Atuh, setiap pesanan pentol dan bakso bakar diolah langsung, kemudian disajikan saat masih hangat.

Aroma pedas menyengat dari tumisan pentol, membuat jajanan yang satu ini cocok untuk penggemar pedas. Untuk racikan sambal yang digunakan ada cabe merah, cabe rawit merah, bawang putih dan merah, terasi, hingga merica.

Pentol disajikan dengan taburan bawang goreng. Rasa daging sapi dari pentol begitu terasa, awalnya memang tidak pedas, tapi sambal merahnya baru menyengat digigitan terakhir. Sambalnya juga enak dengan rasa gurih dan pedas yang pas.
Jajan Pentol Super Pedas Ditemani Bakso Bakar Asam Manis di Wae AtuhFoto: dok. detikFood
Lalu ada bakso bakar, diolesi dengan saus asam manis. Bakso lebih dulu dibelah tengahnya, sehingga bumbu asam manis meresap sempurna. Tekstur bakso juga kenyal, dan gurih.


Tonton juga 'Menjajal Kombinasi Bakso Pedas di Tanjung Duren':

[Gambas:Video 20detik]



Selain jajan pentol pedas dan bakso bakar, bisa juga pesan telur gulung yang tak kalah enak. Satu porsi telur gulung dibanderol Rp. 10.000,- berisi 4 tusuk telur, yang dibaluri saus dan masih hangat.

Telur gulung ini juga cocok disantap dengan pedasnya pentol, atau asam manis bakso bakar.
Jajan Pentol Super Pedas Ditemani Bakso Bakar Asam Manis di Wae AtuhFoto: dok. detikFood
Selain menu di atas, Seblak Wae Atuh juga punya racikan aneka seblak dengan topping yang bisa dipilih. Ada juga ceker pedas, nasi goreng cikur dengan lelehan keju mozarella, hingga rujak cireng. Restorannya juga nyaman, dan ada tempat duduk lehesan yang cocok buat jajan sambil ngumpul bersama teman.

Seblak Wae-Atuh!
JL. Tanjung Duren Utara IV No. 450.
Grogol, Jakarta Barat.
Telp: (021) 5683571

Baca Juga: Meski Tanpa Kuah 5 Bakso Ini Tetap Kenyal Gurih Enak
(sob/odi)
FOKUS BERITA Ragam Bakso Enak