Ragam Bakso Enak

Gurihnya Bakso Rawit Tulang Sumsum dengan Potongan Daging Iga Sapi

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 13 Nov 2018 17:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Ragam Bakso Enak
Jakarta - Bakso kini tidak hanya isi tetelan atau tahu saja. Ada bakso rawit pedas yang dilengkapi dengan tulang sumsum jumbo, hingga potongan daging iga sapi lembut.

Berkunjung ke wilayah Tanjung Duren di Jakarta Barat, memang surganya jajanan hits kekinian. Dari seblak, hingga roti long john semuanya ada di sini. Tak ketinggalan gerai bakso favorit yang terkenal dengan tulang sumsumnya.

Baca Juga: Slurp! 5 Bahan Pelengkap Ini Bikin Semangkuk Bakso Semakin Enak

Di Bakso 2 Nyonya, semua bakso dan mie dibuat homemade dan menggunakan resep keluarga. Berbeda dengan bakso lainnya, di sini varian bakso dibuat lebih kekinian, seperti bakso keju mozarella, bakso rawit, hingga bakso telur.
Gurihnya Bakso Rawit Tulang Sumsum dengan Potongan Daging Iga SapiFoto: dok. detikFood
"Bakso 2 Nyonya ini sudah ada sejak tahun 2015. Awalnya kita cuma buka stand kecil depan ruko, setelah itu pindah ke halaman rumah. Akhirnya karena semakin banyak pengunjungnya sekarang kita pindah ke ruko. Tempatnya lebih nyaman, adem, dan tidak panas," ujar Helen selaku salah satu pemilik gerai ke detikFood (13/11).

Helen merintis bisnis ini dengan temannya bernama Hani. Awalnya keluarga Helen memproduksi mie dan bakso untuk dijual ke berbagai restoran, sejak itu Helen akhirnya mencoba untuk berjualan bakso sendiri. Usaha ini terbilang sukses, karena banyaknya pengunjung yang datang.

"Untuk menunya sendiri, paling terkenal menu bakso tulang sumsum dan iga sapi. Karena kita memang ingin menghadirkan racikan bakso yang unik, dan beda dari gerai bakso lainnya. Apalagi kita membuat kuah kaldunya sendiri, jadi kita pikir kenapa kita tidak menyajikan tulang sumsum dengan bakso," lanjut Helen.
Gurihnya Bakso Rawit Tulang Sumsum dengan Potongan Daging Iga SapiFoto: dok. detikFood
Agar lebih unik, Helen sengaja menambahkan potongan iga sapi. Sehingga dalam semangkuk Bakso Iga Sumsum (Rp. 38.000,-), terdiri dari mie atau bihun, tiga bakso kecil yang bisa dipilih isiani rawit hingga keju. Lalu ada tulang sumsum, potongan iga sapi, dan pangsit goreng.

Kuah kaldu sapi begitu terasa kuat apalagi dilengkapi tulang sumsum yang penuh dengan lemak gurih yang tercampur kuah bakso. Makin enak setelah sumsum diseruput dengan sedotan, dan potongan bakso rawit yang pedas nendang. Potongan iga sapi yang diberikan juga cukup besar, dagingnya tidak alot dan mudah dilepaskan dari tulang, apalagi rasa gurihnya makin kuat karena rendaman kaldu sumsum.
Gurihnya Bakso Rawit Tulang Sumsum dengan Potongan Daging Iga SapiFoto: dok. detikFood
Bagi pecinta pedas, Bakso 2 Nyonya juga punya menu andalan, yaitu Bakso Rawit Jumbo (Rp. 23.000,-). Menu ini terdiri dari 1 bakso rawit jumbo, 2 bakso kecil, dilengkapi bihun atau mie, dan pangsit goreng. Ketika bakso dipotong, gerusan sambal dan cabe rawit utuh keluar dari dalamnya.

Rasa pedas begitu menyengat dari paduan sambal di dalam bakso. Apalagi jika bakso dinikmati dengan potongan sawi, dan guyuran sambal rawit yang tak kalah pedas.
Gurihnya Bakso Rawit Tulang Sumsum dengan Potongan Daging Iga SapiFoto: dok. detikFood
"Selain menu bakso, di sini kita juga punya menu lain seperti Nasi Bakso Goreng Sambal Matah. Lalu camilan dari bakso yang populer, yaitu bakso bakar," jelas Helen. Satu porsi Bakso Bakar (Rp. 10.000,-), terdiri dari tiga bakso urat, yang dibubuhi saus kecap manis pedas, dan irisan cabe rawit hijau.

Rasa bakso bakar cukup pedas, dengan manis dari kecap, dan gurihnya taburan bawang goreng renyah di atas bakso.
Gurihnya Bakso Rawit Tulang Sumsum dengan Potongan Daging Iga SapiFoto: dok. detikFood
Selain tiga menu di atas, gerai Bakso 2 Nyonya juga menyediakan menu Bakso Ikan Kuah, Bakso Mozarella, hingga Nasi Iga Goreng Sambal Matah.

Tidak hanya di Tanjung Duren, Bakso 2 Nyonya juga punya cabang di Sopo Del Tower, yang berada di Kuningan, Jakarta Selatan. Bisa juga pesan via aplikasi ojek online.

Baca Juga: Bakso Bambu Runcing yang Unik dan Siap Melawan Lapar

Bakso 2 Nyonya

Jl. Tanjung Duren Utara Raya IV No. 457.
Tanjung Duren, Jakarta Barat.
Telp: 0881 1205765 (sob/odi)
FOKUS BERITA Ragam Bakso Enak