Ragam Bakso Enak

Slurp! 5 Bahan Pelengkap Ini Bikin Semangkuk Bakso Semakin Enak

Sonia Basoni - detikFood Senin, 12 Nov 2018 16:30 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Ragam Bakso Enak
Jakarta - Bakso disajikan dengan pelengkap, seperti mie hingga irisan sayuran. Selain bikin kenyang, bahan pelengkap ini bikin rasa bakso semakin nendang lezatnya.

Cuaca mendung dan sering turun hujan, membuat bakso jadi jajanan populer yang tidak boleh terlewatkan. Selain butiran bakso daging yang kenyal dan gurih, tentunya ada bahan pelengkap yang membuat cita rasa bakso semakin lezat. Dari sayur hingga mie, ini bahan pelengkap untuk bakso.

Baca Juga: Ini Caranya Bikin Kaldu Daging Enak Buat Kuah Bakso


1. Mie
Slurp! 5 Bahan Pelengkap Ini Bikin Semangkuk Bakso Semakin EnakFoto: iStock
Kalau makan bakso rasanya tidak lengkap tanpa kehadiran aneka mie. Jenis yang paling sering ditemukan di warung bakso, hingga menu bakso di restoran adala mie bakso. Biasanya menggunakan mie telur kuning, teksturnya kenyal dan cukup mengenyangkan.

Kalau tidak suka mie, terdapat pilihan lainnya yaitu bihun yang teksturnya lebih tipis, hingga soun yang teksturnya lebih licin dan kenyal setelah di masak. Tapi banyak juga bakso yang dihidangkan dengan campuran mie kuning, bihun, dan suun, dijamin bikin kenyang.


2. Sayur


Sayur juga jadi bahan pelengkap bakso yang pasti ada di setiap gerai atau warung bakso. Jenis sayuran yang digunakan cukup sederhana, ada potongan sawi dan tauge. Sawi dan tauge ini biasanya dijadikan pelengkap, dari racikan bakso dengan mie.

Bahkan beberapa penggemar bakso, lebih suka menyantap bakso menggunakan irisan sawi dan tauge saja. Tentu saja semangkuk bakso menggunakan sayuran, akan lebih sehat dan bernutrisi.


3. Taburan

Slurp! 5 Bahan Pelengkap Ini Bikin Semangkuk Bakso Semakin EnakFoto: iStock
Kalau hidangan bubur ditaburkan dengan kerupuk, suiran daging ayam, hingga kacang goreng. Kalau semangkuk bakso punya tiga bahan taburan pasti, yang membuat rasanya semakin mantap dan enak.

Biasanya bakso ditaburi dengan gurihnya bawang goreng, bawang daun, hingga cincangan daun seledri. Ketiga bahan taburan ini nantinya berpadu sempurna dengan racikan kuah kaldu sapi yang masih panas.


4. Sambel rawit


Orang Indonesia suka makanan pedas, terutama rasa pedas saat makan bakso. Sehingga tak heran setiap warung bakso, punya racikan sambal rawit yang pedas menyengat. Sambal ini bukan jadi pelengkap saja, melainkan gerusan cabe rawit yang dicampur dengan garam dan air panas ini, sudah menjadi menu wajib saat makan bakso.

Bagi penggemar bakso pedas, guyuran sambal rawit ini membuat rasa bakso semakin enak. Dari sambal pedas ini juga, tercipta varian bakso pedas kekinian. Seperti bakso mercon isi rawit, hingga bakso lava yang dipenuhi cabe rawit, dan sambal pedas.


5. Cuka hingga Saus
Slurp! 5 Bahan Pelengkap Ini Bikin Semangkuk Bakso Semakin EnakFoto: iStock
Selain sambel rawit, ada bahan pelengkap lain yang tak boleh terlewatkan. Yaitu kehadiran cuka putih, saus sambal, kecap, hingga saus tomat. Kebanyakan penggemar bakso suka racikan kuah yang kental, dan sedikit asam.

Sehingga kehadiran cuka putih, botol kecap, saus sambal, hingga saus tomat selalu tersedia di meja. Agar pengunjung bisa menyesuaikan rasa sesuai selera. Banyak juga orang yang tak suka pedas, makan bakso lebih suka menggunakan campuran kecap dan saus sambal yang tak sepedas sambel rawit.

Baca Juga: Polos hingga Rudal, 5 Jenis Bakso yang Populer di Indonesia (sob/odi)
FOKUS BERITA Ragam Bakso Enak