Chamomile Disebut Teh, Orang Amerika Dikritik Benedict Cumberbatch

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 08 Nov 2018 14:30 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Aktor Inggris Benedict Cumberbatch rupanya paham betul soal teh. Ia pun mengritik orang Amerika yang kerap menyebut chamomile sebagai teh.

Dalam sebuah wawancara radio, Cumberbatch menunjukkan sisinya sebagai orang Inggris sejati. Kecintaannya akan teh membuat aktor 42 tahun ini paham betul soal jenis-jenis teh.

Cumberbatch melalui Absolute Radio sempat menyinggung soal chamomile. "Haruskah saya benar-benar curhat sekarang? Saya muak dengan teh chamomile yang disebut teh. Itu bukan teh," kata pemain "The Grinch" ini pada penyiar radio.

Chamomile Disebut Teh, Orang Amerika Dikritik Benedict CumberbatchFoto: John Phillips

Baca Juga: Sering Salah Sebut, Chamomile dan Jasmine Tidak Tergolong Teh

Dikutip dari Business Insider (8/11), Cumberbatch bahkan menjelaskan asal-usul teh. "Teh adalah daun hijau yang terutama berasal dari kaki bukit di India dan Amerika Selatan, sebuah tempat yang memiliki pegunungan indah. Teh perlu iklim subtropis, alpine untuk tumbuh. Ini adalah proses yang sangat spesifik. Chamomile tidak tumbuh di lingkungan ini. Jadi chamomile bukan teh," jelas suami Sophie Hunter ini.

Ia bahkan sempat meledek dengan berbicara menggunakan aksen Amerika berlebihan. Cumberbatch berpura-pura jadi pelayan yang menanyakan apakah ia ingin susu atau pemanis lainnya bersama teh chamomile. "Tidak, saya hanya ingin chamomile dengan sedikit air panas," jawabnya pada diri sendiri.

Adapun poin utama dari perkataan Cumberbatch adalah teh harus berasal dari tanaman Camellia sinensis yang biasanya tumbuh di lingkungan tropis dan sub tropis. Sementara chamomile bukan teh melainkan herbal infusion dengan sebutan tisane.

Chamomile Disebut Teh, Orang Amerika Dikritik Benedict CumberbatchFoto: iStock

Tisane berasal dari bahan baku berupa daun, bunga, kulit kayu, akar, buah, biji dan rempah-rempah. Beberapa jenis tisane yang populer antara lain mint, chamomile, verbena dan rooibos.

Dilihat dari kandungan kafein, tisane juga berbeda dengan teh. Jika teh hitam pada umumnya memiliki 90 mg kafein, tisane tidak mengandung kafein sama sekali. Karena hal inilah banyak orang mengandalkan tisane sebagai teman minum malam hari.

Baca Juga: Teh Herbal Tidak Termasuk Golongan Teh, Kenapa Ya?


Saksikan juga video 'Trik Meracik Teh Hijau Daun':

[Gambas:Video 20detik]



Chamomile Disebut Teh, Orang Amerika Dikritik Benedict Cumberbatch
(adr/odi)