Ini Sebabnya Ribuan Box Sumpit Penuhi Jalan Tol di Tokyo

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 08 Nov 2018 11:18 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta -
Karena ban meledak dan sebabkan truk terbakar, supir truk ini pilih bongkar muatan di jalanan. Sehingga ada ribuan sumpit kayu yang tercecer di jalan.

Kejadian ini terjadi di jalan tol Shutoko Expressway yang membentang dan mengelilingi pusat kota Tokyo pada 5 November lalu. Berdasarkan laporan SoraNews 24 (6/11), ban belakang sebelah kanan truk trailer itu meledak begitu memasuki ibukota Katsushika Ward.

Ini Sebabnya Ribuan Box Sumpit Penuhi Jalan Tol di TokyoFoto: Istimewa
Hal itu menyebabkan kerusakan pada mesin truk hingga menyebabkan percikan api. Api makin membesar di salah satu bagian truk. Melihat hal tersebut, sopir truk tadi panik dan segera menurunkan muatan ke jalanan. Sebab ia tahu kalau muatan yang ia bawa merupakan bahan yang mudah terbakar. Meskipun api yang keluar dari bagian bawah truk itu masuk dalam kategori tak terlalu besar.

Tonton juga 'Yummy! Sedapnya Sup Ikan Khas Batam':

[Gambas:Video 20detik]



Baca juga: Sumpit Cantik Multifungsi

Ternyata truk trailer itu mengangkut sumpit kayu. Tak hanya puluhan atau ratusan box sumpit, tapi jumlahnya mencapai 1.000 box sumpit. Tak diketahui ada berapa sumpit dalam tiap box. Yang jelas, box beserta sumpit kayu yang ada tercecer dan memenuhi lebih dari setengah ruas jalan.

Ini Sebabnya Ribuan Box Sumpit Penuhi Jalan Tol di TokyoFoto: Istimewa
Sumpit yang dibawa itu merupakan sumpit kayu yang perlu dipatahkan jika hendak dipakai. Sama seperti sumpit kemasan yang biasa ada di restoran khas Jepang. Di sana, sumpit jenis ini diberi nama waribashi.

Karena kejadian itu, belasan pemadam kebakaran langsung dikerahkan. Mereka memadamkan api dan membantu supir truk mengeluarkan ribuan box sumpit.

Beruntung, semua sumpit berhasil dikeluarkan dan api yang ada bisa dipadamkan dalam waktu tak lama. Kejadian ini terjadi pada pukul 04:30sore hingga 06:30 malam. Meski begitu, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk membersihan semua sumpit di jalan.

Ini Sebabnya Ribuan Box Sumpit Penuhi Jalan Tol di TokyoFoto: Istimewa
Karenanya lajur truk ditutup selama hampir 9 jam. Kemudian dibuka kembali setelah jalan bersih pada malam hari.

Baca juga: Nyam-nyam! Sumpit Kayu dari Rumput Ini Bisa Dimakan



Ini Sebabnya Ribuan Box Sumpit Penuhi Jalan Tol di Tokyo
(dwa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com