Sumpit Cantik Multifungsi

- detikFood Jumat, 16 Sep 2011 09:49 WIB
Jakarta - Sumpit makin digemari sebagai alat makan. Kalau dulu hanya terbuat dari plastik dan kayu, kini ada inovasi sumpit yang menarik. Menyatu dengan garpu, sendok, atau pisau. Makan pun dijamin jadi tambah semangat!

Siapa yang tak kenal sumpit? Peralatan makan yang diciptakan oleh orang Cina ini sudah dikenal sejak ribuan tahun silam. Jauh sebelum ditemukan sendok dan garpu. Sumpit terdiri dari dua batang kayu yang dibuat sama panjang dengan ujung sedikit lancip.

Fungsi sumpit lebih sebagai perpanjangan tangan untuk mengambil tangan. Kedua batang sumpit harus dijepit dengan telunjuk, jari tengah dan jempol agar bisa berfungsi. Umumnya sumpit terbuat dari kayu, bambu, logam, gading dan plastik.

Di beberapa negara Asia seperti Cina, Jepang dan Korea sumpit menjadi alat makan utama yang penting. Di Cina sumpit dikenal dengan nama kuaizi, di Jepang disebut hashi, dan di Korea disebut dengan jeotkarak. Di Indonesia sumpit dipakai untuk makan hidangan Cina baik di warung kaki lima hingga restoran.

Sumpit kini mengalami inovasi bentuk dan fungsi. Tidak lagi dibuat dari bambu atau kayu. Sumpit berbentuk lucu dan warna-warni dari bahan plastik dan akrilik. Seperti sumpit yang di bagian atasnya dilengkapi cincin dan ujungnya menyatu seperti penjepit. Jari tangan dimasukkan ke dalam cincin sehingga sumpit tak lepat. Sumpit ini biasanya dipakai anak-anak yang sednag belajar memakai sumpit.

Selain itu ada pula combination chopstick , sumpit ini kedua sisinya berbeda fungsi. Ujung yang satu berfungsi sebagai sumpit, sedangkan ujung lainnya berupa garpu, sendok, atau pisau. Jadi bisa dipakai bergantian sesuai kebutuhan.

Sumpit unik ini tidak hanya sekedar multifungsi, tetapi bentuk dan warnya yang cantik dan unik membuatnya juga bisa jadi aksesoris peralatan makan. Juga mempercantik tampilan meja makan, dan menarik anak-anak agar makin lahap menikmati makanan. Tertarik memilikinya?

(dev/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com