Sebulan Tiap Malam Hanya Makan Pisang dan Melon, Pria Ini Alami Diabetes

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 07 Nov 2018 19:12 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Hangzhou - Malas masak makan malam, pria ini memilih buah sebagai santapannya. Tapi gara-gara kebiasaan ini ia harus dilarikan ke rumah sakit.

Nasib malang menimpa pria 21 tahun asal Hangzhou, China. Menghadapi tekanan pekerjaan yang besar, Xiao Mao sampai merasa malas masak makan malam saat sudah sampai rumah. Ia pun berpikir tak ada salahnya mengganjal perut dengan buah karena buah tergolong makanan sehat.

Makan malam dengan buah akhirnya jadi kebiasaan Mao selama sebulan, lapor World of Buzz (7/11). Ia merasa buah bisa mengasup nutrisi hariannya. Sifatnya yang praktis dan tak perlu diolah membuat kebiasaan ini memungkinkan Mao lebih punya banyak waktu beristirahat.

Sebulan Tiap Malam Hanya Makan Pisang dan Melon, Pria Ini Alami DiabetesFoto: iStock

Baca Juga: Tidak Asal Dimakan, Ini 5 Aturan Makan Buah yang Tepat

Buah pilihan Mao antara lain pisang dan melon cantaloupe. Sedangkan untuk sarapan dan makan siang, Mao sebenarnya tetap makanan normal seperti orang lainnya.

Sebulan jalani makan malam dengan buah, Mao mulai alami efek samping. Ia merasa tak enak badan, sering pusing, mual, mulut kering, dan alami beberapa gejala lainnya.

Saat memeriksakan diri ke dokter, kadar gula darahnya ternyata 10 kali lipat dari kadar gula darah normal orang sehat. Dokter juga mengatakan darah Mao bersifat asam. Ia didiagnosa ketoasidosis diabetikum.

Sebulan Tiap Malam Hanya Makan Pisang dan Melon, Pria Ini Alami DiabetesFoto: shutterstock

Biasanya ketoasidosis diabetikum dialami pasian diabetes 1 dan sifatnya mengancam hidup. Tubuh memecah lemak terlalu cepat dan lemak diproses menjadi keton sehingga membuat darah jadi asam. Umumnya banyak orang diketahui diabetes usai didiagnosa dengan kondisi seperti ini.

Mao sempat dibawa ke ICU rumah sakit untuk dapatkan perawatan. Setelah 3 hari kondisinya dikabarkan sudah stabil.

Sementara dokter yang menangani Mao menjelaskan buah memang sehat, tetapi jangan menjadikan buah sebagai pengganti asupan makanan. Ia juga menambahkan buah yang dikonsumsi Mao cenderung tinggi gula sehingga tidak boleh disantap terlalu banyak.

Baca Juga: Makan Buah Saja Selama 8 Tahun, Pria Ini Klaim Punya Kekuatan Super

(adr/odi)