Awal Mula Kepopuleran Artisan Bread di Amerika Serikat

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 06 Nov 2018 18:05 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tak hanya di Indonesia, artisan bread juga cukup populer di Amerika Serikat. Banyak orang yang mengidolakannya lantaran jalani pola hidup sehat.

Kabarnya, hampir semua bakery memiliki artisan baker. Mereka membuat roti tanpa mesin dan dibuat sesuai pesanan. Sehingga roti yang dihasilkan selalu baru dan segar.

Berdasarkan keterangan Master Baker, Ian Chin, dulunya Amerika Serikat hanya mengenal roti putih biasa. Tak ada bagian luar roti berwarna cokelat seperti sourdough. Namun di tahun 1999, muncul banyak roti Eropa dengan beberapa warna. Salah satunya berwarna cokelat di bagian luar.

Awal Mula Kepopuleran Artisan Bread di Amerika SerikatFoto: Istimewa
Baca juga: Sourdough hingga Brioche, Ini Jenis Artisan Bread yang Populer

Meski tak berkembang pesat, perlahan artisan bread seperti sourdough, baguette, ciabatta hingga rye bread mulai punya banyak penggemar di AS. Kebanyakan roti tersebut berasal dari Prancis.

"(Artisan bread) sangat populer di Amerika Serikat. Sebelumnya, roti kami terlihat membosankan, roti kami berwarna putih dan lembut seperti roti pabrik sekitar tahun 1993. Lalu di tahun 1999 mulai terpapar roti Eropa dengan warna-warna gelap dan itu sangat populer," jelas Ian.

Awal Mula Kepopuleran Artisan Bread di Amerika SerikatFoto: Istimewa
Kepopulerannya makin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi terlebih media sosial. Ada beberapa grup online yang dijadikan wadah berkumpulnya para artisan baker. Para artisan baker kerap membagikan foto roti yang ia buat. Sehingga dilihat oleh seluruh pengguna media sosial. Tak sedikit yang penasaran mengenai artisan bread.

Melihat hal itu serta dinilai lebih sehat, akhirnya banyak orang yang tertarik untuk mencicip artisan bread apalagi sourdough. Dua tahun yang lalu dilaporkan The Week, ada sebanyak 43 ribu unggahan bertagar #artisanbread di Instagram.

Awal Mula Kepopuleran Artisan Bread di Amerika SerikatFoto: Istock
Karena itulah, kini artisan bread sangat populer di Amerika Serikat. "Ketika saya mulai terjun di industri ini, hanya sedikit orang yang melakukan ini. Tapi sekarang hampir semua toko roti melakukan hal ini. Itu hal yang bagus," ungkap Ian.

Bahkan ada beragam kreasi sourdough di sana. Mulai dari mencampur adonan sourdough dengan beragam bijian hingga membuat sandwich. Alasan utama dari kepopuleran artisan bread ini ialah dibuat tanpa mesin, lebih lezat, dan terpenting menyehatkan.

Baca juga: Ditemukan 10.000 Tahun Lalu, Artisan Bread Sempat Dijadikan Mata Uang




Tonton juga 'Berkunjung ke Toko Roti Legendaris Pekanbaru':

[Gambas:Video 20detik]



Awal Mula Kepopuleran Artisan Bread di Amerika Serikat
(dwa/odi)