Tak Capai Target, Perusahaan China Ini Paksa Karyawannya Minum Air Kencing

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 06 Nov 2018 15:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak karyawan di perusahaan China ini, dipaksa harus meminum air kencing hingga memakan serangga. Setelah mereka tidak berhasil memenuhi target perusahaan.

Tiga manajer dari sebuah perusahaan yang berada di selatan China, ditahan oleh polisi karena menghukum karyawan mereka dengan cara tidak lazim.

Baca Juga: Perusahaan China Ini, Suruh Karyawannya Makan Mochi dari Tempat Kencing
Tak Capai Target, Perusahaan China Ini Paksa Karyawannya Minum Air KencingFoto: Istimewa
Dilansir Daily Mail UK (05/11), para karyawan dari perusahaan properti di Zunyi, Guizhou, mengatakan bahwa mereka dipaksa meminum air kencing. Lalu dipaksa makan serangga karena tidak dapat memenuhi target yang ditetapkan oleh perusahaan.

Pihak polisi setempat langsung mengadakan invesigasi, dan terkejut ketikan menemukan bukti video yang direkam minggu lalu. Dalam video itu terlihat beberapa karyawan pria, dicambuk oleh atasannya menggunakan ikat pinggang, di depan karyawan lainnya.

Sementara video berikutnya menunjukkan beberapa karyawan meminum cairan kuning, yang dipercaya sebagai air kencing sambil menutup hidung mereka. Tak hanya air kencing, hukuman yang lebih ekstrem juga terjadi.
Tak Capai Target, Perusahaan China Ini Paksa Karyawannya Minum Air KencingFoto: Istimewa
Salah satunya dipaksa makan serangga, makan mustard, hingga mencukur rambut mereka sendiri. Bukti kuat lainnya terdapat di pesan singkat yang dikirimkan oleh para manajer, di sana para karyawan yang gagal memenuhi target, diwajibkan menyantap kecoa.

Hukuman lain seperti menjual kondom dan pembalut di pinggir jalan, juga diterapkan dalam perusahaan ini. Menanggapi hal ini, pihak polisi akhirnya memutuskan untuk menahan ketiga manajer selama beberapa hari untuk dimintai keterangan.

Beberapa saksi juga mengatakan bahwa perusahaan ini sering tidak membayar gaji karyawan, terutama bagi karyawan yang memutuskan keluar setelah menolak menjalankan hukuman.
Tak Capai Target, Perusahaan China Ini Paksa Karyawannya Minum Air KencingFoto: Istimewa
Tentunya kasus ini telah melanggar undang-undang yang ebrlaku. Menurut undang-undang ketenagakerjaan di China, setiap perusahaan tidak boleh mempermalukan atau memberikan hukuman fisik kepada karyawan.

Sayangnya, ini bukannya yang pertama terjadi. Budaya kerja di China memang sangat keras, hukuman seperti merangkak di jalan hingga makan cacing merupakan ritual yang biasa dilakukan di setiap perusahaan.

Baca Juga: Gagal Capai Target Penjualan, Karyawan Perusahaan Ini Dipaksa Makan Pare (sob/odi)