Perusahaan China Ini, Suruh Karyawannya Makan Mochi dari Tempat Kencing

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 22 Jul 2018 10:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Perusahaan ini buktikan bahwa toilet di perusahaannya punya tingkat kebersihan tinggi. Pegawainya sengaja memakan makanan yang ditaruh di tempat kencing.

Dalam upaya untuk menunjukkan seberapa bersih, pihak perusahaan menjaga toilet mereka. Sebuah perusahaan di China ini, membuat demonstrasi aneh yang melibatkan para karyawan untuk menyantap makanan yang telah diletakkan di tempat kencing pria, atau urinal.

Baca Juga: Jorok! Wanita Ini Panaskan Air Kencingnya di Microwave Supermarket

Dilansir Next Shark (21/07), para karyawan di kantor Tenfu Group, sebuah perusahaan produsen teh di wilayah Zhangpu, Fujian, China, menarik perhatian karena sebuah video yang viral beredar di dunia maya.

Perusahaan China Ini, Suruh Karyawannya Makan Mochi dari Tempat KencingFoto: Istimewa

Video ini menampilkan seorang karyawan tengah memakan mochi atau bola beras ketan, yang telah ditempatkan manager di dalam tempat kencing di toilet pria.

Dalam video berdurasi pendek tersebut, manager perusahaan Tenfu, menaruh beberapa manisan dan hidangan pencuci mulut lainnya ke dalam urinal dengan tangannya.

"Lihat, aku sudah memegangnya sekitar 20 kali. Sekarang, aku akan memakannya duluan," tutur manager tersebut, sebelum memakan bolan ketan di tangannya.

Melihat aksi managernya, para karyawan yang berada di sana mulai mengambil makanan di dalam urinal itu dan mulai memakannya dengan tenang. Bahkan, beberapa karyawan mengatur sebuah meja makan di dalam toilet, agar mereka bisa makan bersama di sana.

Manager yang tidak diketahui namanya itu menjelaskan, bahwa ini merupakan presentasi yang unik bagian dari program pelatihan untuk supervisor di perusahan ini.

"Kami meminta staff supervisor untuk membersihkan toilet, sebagai program pelatihan," jelas manajer, yang ternyata hal ini sudah dilakukan selama 25 tahun.

Salah satu petugas kebersihan perusahaan tersebut, yang telah berkerja dis ana selama 25 tahun juga menjamin kebersihan makanan yang ada di dalam tempat kencing tersebut.

Perusahaan China Ini, Suruh Karyawannya Makan Mochi dari Tempat KencingFoto: Istimewa

"Tempat kencingnya begitu bersih, sehingga Anda bisa makan dari sana. Saya sering membersihkan toilet, sampai tidak bau lagi. Jika Anda tidak sengaja menjatuhkan makanan di urinal, Anda bisa mengambil dan memakannya lagi," ungkap petugas kebersihan tersebut.

Tapi video ini justru menimbulkan debat di antara netizen, yang tidak yakin apakah makanan itu benar-benar bersih dan aman untuk dimakan.

"Ini benar-benar menjijikkan. Apa yang orang-orang ini pikirkan?" tulis seorang netizen.

"Ada perbedaan antara bersih dan bebas dari kuman. Tempat kencing masih penuh dengan bakteri dan kuman lainnya," pungkas seorang netizen.

Baca Juga: Air Kencing dari Pengunjung Festival Musik Kembali Diproses Jadi Bir

(lus/odi)