Seafood Indonesia Paling Enak

Di Pinggir Pantai Anyer hingga Mataram Bisa Cicip Seafood Enak!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 31 Okt 2018 15:40 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Seafood jadi menu andalan restoran pinggir pantai. Di Indonesia, ada pantai-pantai yang menawarkan olahan seafood segar dan nikmat!

Makan seafood sambil menikmati suasana pantai pastilah menyenangkan. Ada pemandangan birunya air laut dan semilir angin menyejukkan. Nah, di Indonesia ada banyak pantai yang menawarkan olahan seafood untuk dicoba. Mulai dari di Anyer, Mataram hingga Makassar.

1. Anyer
Di Pinggir Pantai Anyer hingga Mataram Bisa Cicip Seafood Enak!Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Dekat dari Jakarta, Anyer kerap jadi tujuan berlibur. Ada banyak villa dan penginapan yang menawarkan tempat bermalam. Saat lapar melanda paling pas makan seafood segar dan enak. Salah satunya di Rumah Makan Muaro yang ada di seberang Mercusuar Anyer.

Muaro punya ikan, udang, kepiting dan cumi yang bisa dibakar, goreng, bumbu asam manis, pedas, saus Padang atau saus tiram. Semua menu seafood di sini dibanderol sesuai beratnya. Semakin besar ukuran seafood, maka semakin tinggi pula harganya.

Baca Juga: Libur Tahun Baru Ada di Anyer? Cicip Seafood Enak di Tempat Ini

2. Bali
Di Pinggir Pantai Anyer hingga Mataram Bisa Cicip Seafood Enak!Foto: dok. detikTravel
Mau makan seafood enak di Bali? Mampirlah ke Pantai Jimbaran. Di sepanjang pantai ini ada banyak restoran seafood. Ciri khasnya terletak pada pemakaian bumbu genep dan sambal matah yang pedas berempah.

Salah satu restoran yang bisa disambangi adalah Menega Cafe. Di dalamnya ada jejeran akuarium berisi ikan laut segar, kepiting, serta lobster. Pilihan lainnya ada Bela Seafood dan Lia Cafe.

Baca Juga: 8 Warung Makan hingga Restoran Ini Bisa Dikunjungi Kalau Sedang ke Jimbaran

3. Mataram
Di Pinggir Pantai Anyer hingga Mataram Bisa Cicip Seafood Enak!Foto: dok. detikFood
Kalau Bali punya Pantai Jimbaran, Lombok punya Pantai Ampenan yang cocok disambangi untuk makan seafood. Banyak warung seafood di sepanjang pantai di Jalan Pabean ini.

Aneka seafood bakar dan rebus tersedia di sini. Yang patut dicoba adalah kepiting dan rajungan dengan bumbu pedas manis. Ada juga ikan kakap, baronang dan kerapu bakar bumbu bawang putih. Penggemar sate jangan lewatkan sate udang, cumi dan kerang dengan balutan bumbu khas Lombok, pelalah.

4. Ambon
Di Pinggir Pantai Anyer hingga Mataram Bisa Cicip Seafood Enak!Foto: dok. detikFood
Jalan-jalan ke Ambon juga bisa cicip ragam seafood enak. Jenis populernya adalah olahan ikan laut segar seperti gurapu dan bawal, serta sotong dan cumi-cumi.

Makin istimewa menikmati seafood dengan pemandangan cantik Teluk Ambon. Pengalaman ini bisa didapat saat mampir ke Restaurant Seafood 88. Menunya antara lain ikan kuah kuning, ikan bakar colo-colo, udang kuah asam manis hingga cumi goreng tepung.

5. Ancol
Di Pinggir Pantai Anyer hingga Mataram Bisa Cicip Seafood Enak!Foto: Istimewa
Jakarta juga punya pantai dengan deretan resto seafood di sekitarnya. Yap! Ancol menawarkan banyak destinasi untuk pencinta seafood. Yang terkenal adalan restoran Bandar Djakarta dengan konsep pasar ikan.

Olahan seafoodnya sangat banyak dengan seafood pilihan sendiri. Tempat lainnya ada Jimbaran Ancol dan Oceanic Seabreeze. Waktu terbaik datang ke restoran ini adalah sore menjelang malam hari.

Baca Juga: Asyiknya Makan Udang Bakar di Ancol Sambil Nikmati Sunset




Tonton juga 'Menikmati Seafood di Pinggir Pantai':

[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)