Ini Alasan Kenapa Teh Dalam Mug Terasa Lebih Enak Dibanding Cup Kertas

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 30 Okt 2018 17:48 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta -
Tak asal dituang dalam wadah. Ternyata tempat penyajian teh memperngaruhi citarasa teh yang ada di dalamnya. Berikut penjelasan ahli.
Saat cuaca mendung, minuman hangat seperti teh dan kopi jadi pilihan pas. Disesap selagi hangat, teh biasa tersaji dalam mug atau pun cangkir kertas.
Menurut sebuah penelitian, jenis dan berat cangkir yang digunakan untuk menyajikan teh mempengaruhi rasa teh itu sendiri. Bukan karena rasanya memang berbeda, tapi karena pengaruh psikologis manusia.

Ini Alasan Kenapa Teh Dalam Mug Terasa Lebih Enak Dibanding Cup KertasFoto: Istimewa
Penelitian itu dilakukan oleh Charles Spence selaku psikolog dari University of Oxford, Inggris. Penelitian tersebut ingin mengungkap mengapa orang lebih menyukai teh yang tersaji di dalam mug dibanding di dalam cangkir kertas lapor Daily Mail (29/10).
Awalnya ia meminta beberapa orang untuk mencicip teh yang sudah diseduh. Masing-masing teh tersaji di dalam cangkir kertas. Ada dua buah cangkir kertas yang digunakan. Pertama bertanda A dan kedua bertanda B. Setelah semua orang mencobanya, banyak yang mengatakan teh bertanda A memiliki rasa yang lebih manis dibanding teh bertanda B.

Ini Alasan Kenapa Teh Dalam Mug Terasa Lebih Enak Dibanding Cup KertasFoto: Istimewa
Faktanya, kedua teh yang disajikan, diracik dengan bahan yang sama. Bedanya, Charles meletakkan beban tambahan sebesar 30 gram di bagian ujung cangkir kertas bertanda A.
Hal itu membuktikan bahwa berat tempat penyajian mempengaruhi rasa teh. Charles menjelaskan alasannya. Menurutnya, hal tersebut terjadi lantaran cangkir kertas yang lebih berat membuat otak mempercayai kalau minuman yang ada di dalamnya punya kualitas yang lebih baik. Sedangkan cangkir kertas yang ringan terlihat murah sekaligus tak mewah. Jadi otak cenderung berpikir kualitas teh yang ada di dalamnya juga tak begitu bagus.

Ini Alasan Kenapa Teh Dalam Mug Terasa Lebih Enak Dibanding Cup KertasFoto: Istimewa
"Apa yang kita rasa di tangan kita bisa mempengaruhi apa yang ada di dalam cangkir atau mug terkait rasa yang kita cecap," jelas Charles dalam channel Food Unwrapped on Channel 4.
Hal tersebut terjadi saat Anda menyesap teh dari mug. Sehingga terasa lebih nikmat dibanding tersaji di cupkertas. Ia menjelaskan mug yang berat membuat orang percaya bahwa teh yang disajikan di dalamnya memiliki kualitas dan rasa yang lebih baik. "Orang-orang tak bisa memisahkan teh dan wadah, otak menganggap berat sebagai tanda kualitas dalam banyak kategori," tambahnya.

Ini Alasan Kenapa Teh Dalam Mug Terasa Lebih Enak Dibanding Cup KertasFoto: Istimewa
Padahal mug mendinginkan teh lebih cepat dibanding cangkir kertas. Jadi seharusnya cangkir kertas menghasilkan rasa teh yang lebih baik daripada mug.
"Ini karena cangkir kertas memiliki beberapa celah udara sehingga jadi isolator yang baik, mirip seperti memakai jumper," jelas Charles.
Pembawa acara Kate Quilton juga mencoba percobaan yang sama. Namun ia mendatangi orang yang berlalu lalang di jalan secara acak. Rata-rata mengatakan bahwa teh bertanda A punya rasa yang lebih enak dibanding bertanda B. Padahal keduanya diracik dari daun teh dan gula yang sama.


(dwa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com