Unik! Ini Kreasi Baru, Croissant Berbentuk Kubus

Riska Fitria - detikFood Jumat, 19 Okt 2018 14:10 WIB
Foto: Instagram @Bakerdoe.sf Foto: Instagram @Bakerdoe.sf
Jakarta - Tak berbentuk bulan sabit tetapi kreasi croissant dari bakery San Fransisco ini berbentuk kubus. Wah, bagaimana sensari renyah gurih pastry Prancis ini?

Croissant merupakan roti pastry tradisional yang berasal dari Austria, tetapi sangat populer di Prancis. Biasanya roti tersebut dijadikan sebagai menu sarapan atau teman minum teh atau kopi.

Sejak awal ditemukan, croissant berbentuk seperti tapal kuda. Atau berbentuk bulan sabit. Bentuk klasik ini dipertahankan oleh para pembuat roti di seluruh dunia terutama yang berasal dari Prancis.
Unik! Ini Kreasi Baru, Croissant Berbentuk KubusFoto: Instagram @Bakerdoe.sf

Croissant pun menjadi populer beberapa tahun belakangan sebagai hybrid pastry. Diawali dengan Cronut, croissant berbentuk donat yang dibuat oleh Dominique Ansel. Pastry chef yang kini punya beberapa bakery di London dan Jepang.

Baca juga : Pencinta Croissant Harus Tahu 5 Fakta Unik Pastry Renyah Ini

Kini croissant telah dimodifikasi tidak dalam bentuk hybrid, dikawinkan dengan pastry lain tetapi dicetak bentuk kubus. Croissant unik berbentuk geometrik ini diciptakan oleh Bedros Kabranian chef dari Swedia di sebuah toko roti Baker Doe yang berada di San Fransisco.
Unik! Ini Kreasi Baru, Croissant Berbentuk KubusFoto: Instagram @Bakerdoe.sf
Bersama seorang chef pastry lain, mereka dikenal sering berinovasi dan bereksperimen pada olahan roti-roti yang dibuat. Dari hasil eksperimennya tersebut mereka pernah memenangkan 4 World Pastry Chef Champion

Croissant berbentuk kubus ini terlihat seperti roti tawar kubus. Tersedia dalam dua varian, yaitu varian ungu dan varian 'tricolor' yang memiliki 3 warna sekaligus merah, putih dan biru yang mendeskripsikan bendera Prancis.

Melalu akun Instagram milik Baker Doe @bakerdoa.sf, mereka menggunakan cetakan kubus yang dibawa dari Hong Kong untuk pembuatan croissantnya dan diproses dengan teknik laminasi Prancis.
Unik! Ini Kreasi Baru, Croissant Berbentuk KubusFoto: Instagram @Bakerdoe.sf
Meskipun begitu, tetapi rasa yang ditawarkan sangat cocok di lidah Asia. Baker Doe sudah banyak menciptakan croissant dengan berbagai bentuk dan rasa. Selain croissant kubus, juga ada croissant yang dibuat dari bahan bubuk arang aktif dengan topping potongan strawberry.

Croissant kubus sangat menarik perhatian, khususnya bagi pecinta pastry. Bentuknya yang unik menjadikan croissant tersebut dianggap sebagai mahakarya yang indah. Selain mudah dipotong, penampang potongannya membentuk warna dan tekstur yang indah. Ditambah rasanya juga gurih renyah!

Baca juga : Di Singapura Bisa Cicip Croissant Enak di 10 Tempat Ini


(sob/odi)