Revisi Emoji Bagel, Apple Dapat Banyak Pujian

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 18 Okt 2018 16:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tuai kritik dari penggunanya, akhirnya Apple revisi emoji bagel. Revisian emoji begelnya mendapat banyak pujian. Seperti ya apa bentuknya?

Emoji kerap digunakan untuk mengekpresikan suatu rasa atau pun hal yang disukai lewat pesan singkat di smartphone. Karenanya hadir banyak pilihan emoji, salah satunya emoji makanan. Emoji makanan harus dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Karena kalau tidak, para pengguna akan memprotesnya.

Revisi Emoji Bagel, Apple Dapat Banyak PujianFoto: Istimewa
Sudah banyak emoji makanan yang diprotes penggunanya. Akhir tahun lalu saja, Google diprotes karena emoji burgernya. Banyak orang yang yang memprotes urutan isi yang ada dalam emoji burgernya. Selain itu, awal tahun ini Unicode Consortium juga mendapat protes dalam emoji lobsternya. Itu karena kurangnya kaki lobster yang pada emoji tersebut. Seharusnya lobster punya empat pasang kaki, bukan tiga.

Baca juga: Diprotes Netizen, Google Akhirnya Perbaiki Emoji Burger yang Salah

Sementara itu, tak lama setelah dirilis, emoji begel milik Apple juga tak mendapat respon baik dari penggunanya. Banyak yang mengatakan kalau emoji begel yang dibuat Apple tak sama dengan bagel asli dan tak terlihat tak menarik.

Revisi Emoji Bagel, Apple Dapat Banyak PujianFoto: Istimewa
Untuk itu, beberapa waktu lalu Apple akhirnya merilis emoji bagel yang sudah direvisi lapor Food & Wine (17/10).

Emoji bagel itu terlihat mengkilap dan berisi cream cheese. Hal itu sesuai dengan permintaan Philadelphia, salah satu kedai bagel populer di AS. Kedai ini memang mengajukan protes lewat Twitter begitu melihat emoji bagel terbaru Apple.

"Kami pikir #BagelEmoji tanpa krim keju adalah #SadBagel. Bagaimana menurut Anda?" tulis akun resmi Philadelphia. Cuitan ini mungkin menggiring banyak opini publik. Sehingga banyak netizen yang ikut memprotes emoji begel.

Revisi Emoji Bagel, Apple Dapat Banyak PujianFoto: Istimewa
Pada tanggal 16 Oktober lalu, kepala Emojipedia akhirnya berkicau terkait hal ini. Kicauannya membuktikan bahwa emoji bagel telah resmi direvisi pihaknya.

"Merespon semua keluhan yang ada, emoji bagel milik Apple akhirnya telah diubah untuk versi terbaru versi beta iOS 12.1," tulis Jeremy Burge.

Perubahan emoji bagel yang cukup dramatis akhirnya menuai pujian dari banyak pihak, termasuk Philadelphia. Kedai itu kembali berkicau, "Hooray! Pencinta bagel dimanapun bersatu dan yakin @Apple mengubah #SadBagel jadi #HappyBegel lezat dan kami merayakannya." Pihaknya bahkan mengunggah gambar emoji bagel terbaru dan menuliskan tagar #HappyBagel dengan ukuran huruf yang cukup besar di bagian atas gambar.

Baca juga: Ada Kesalahan Jumlah Kaki, Emoji Lobster Direvisi (dwa/odi)