Daging Cincang hingga Kentang Ternyata Bisa Dimakan Mentah

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 16 Okt 2018 10:02 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Tidak semua bahan makanan punya efek buruk jika dimakan mentah. Buktinya para ahli menyebut 5 bahan ini aman dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Tak hanya ikan mentah dalam bentuk sashimi saja yang aman dilahap mentah-mentah. Menurut ahli, beberapa bahan ini juga aman dikonsumsi saat mentah. Berikut 5 bahan mentah yang aman dimakan seperti dilaporkan This Is Insider (10/10).

1. Telur

Daging Cincang hingga Kentang Ternyata Bisa Dimakan MentahFoto: Istock
Sebagian orang mungkin menyarankan untuk tidak melahap telur mentah. Tapi telur bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah. Ini karena telur mentah mengandung sekitar enam gram protein serta persentase vitamin A, B2, B5, dan B11 lebih tinggi dibanding total harian orang dewasa.

Ahli nutrisi yang tergabung dalam konsultan nutrisi di University of Central Florida Athletics, Tara Gidus Collingwood, mengatakan bahwa telur mentah punya banyak khasiat. Antara lain, meningkatkan fungsi otak, sistem kekebalan tubuh, dan sistem saraf.

"Meski begitu, tidak ada nutrisi yang hilang atau berubah ketika telur dimasak," jelasnya.

Baca juga: Sayuran Laut dan Makanan Mentah akan Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan (1)

2. Daging sapi cincang

Daging Cincang hingga Kentang Ternyata Bisa Dimakan MentahFoto: Istimewa
Ada banyak hidangan lezat berbahan dasar daging sapi cincang mentah di berbagai negara. Di Prancis, misalnya, ada hidangan daging sapi cincang mentah bernama "steak tartare." Stak daging cincang mentah ini disajikan dengan kuning telur mentah.

Tapi ada satu hal yang harus dipastikan sebelum Anda melahap daging sapi cincang mentah. Menurut Pofesor Mikrobiologi, Mikrobiologi Medis, dan Imunologi di Framingham State University, Anda harus membeli daging sapi dari produsen daging profesional. Di mana daging sapi yang dijual diletakkan di tempat yang dingin untuk memperlambat pertumbuhan bakteri.

3. Kentang

Daging Cincang hingga Kentang Ternyata Bisa Dimakan MentahFoto: Istock
Meskipun keras dan tak terlihat lezat, tapi kentang mentah aman dikonsumsi. Anda hanya perlu memperhatikan warna kentang. Jangan pernah memakan kentang dengan warna kehijauan dalam keadaan mentah. Sebab kentang tersebut dipastikan beracun jika dikonsumsi bila dimakan tanpa dimasak.

Ed Blonz, seorang ilmuwan nutrisi di California menuliskan bahwa jenis pati yang ditemukan dalam kentang mentah sulit dicerna dan menyebabkan berbagai masalah pencernaan, termasuk kembung dan diare.

Namun, ada hal positif dari kandungan pati yang ada didalamnya. Menurut sebuah studi di tahun 2017, pati punya efek positif bagi penderita masalah usus besar.

4. Rumput laut/seaweed

Daging Cincang hingga Kentang Ternyata Bisa Dimakan MentahFoto: iStock
Anda pasti sudah tak asing lagi dengan bahan makanan yang satu ini. Rumput laut/seaweed mudah ditemukan dalam sajian khas Jepang atau pun Korea. Teksturnya yang kenyal membuat masakan jadi lebih enak. Rumput laut sendiri mengandung banyak nutrisi dan rendah kalori. Bahan ini mengandung magnesium, zat besi, kalsium dan yodium.

Memasak rumput laut sebenarnya bisa mengurangi kandungan gizi yang ada di dalamnya. Sebuah penelitian tahun 2011 di Thyroid Research Journal mengemukakan bahwa ketika rumput laut yang direbus kehilangan sebesar 90% kandungan yodiumnya. Yodium sendiri merupakan mineral yang bantu tiroid berfungsi dengan baik.

5. Bawang bombay

Daging Cincang hingga Kentang Ternyata Bisa Dimakan MentahFoto: iStock
Ternyata khasiat bawang bombay lebih dirasa tubuh ketika dilahap dalam keadaan mentah. Bawang bombay mentah ampuh melawan kanker. Ini karena phytochemical yang ada di dalam bawang bombay.

"Memasak bawang bombay pada suhu tinggi mengurangi manfaat dari phytochemical, yang bisa melindungi (tubuh) terhadap kanker seperti paru-paru dan kanker prostat," ungkap ahli diet Anar Allidina, pemilik Anar Allidina Nutrition.

Baca juga: Wanita Ini Hanya Konsumsi Makanan Mentah dan Dingin Selama 7 Tahun




Tonton juga 'Buat yang Lagi Diet, Jangan Takut Makan Kentang!':

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)