Seperti Balok Kayu Ternyata Bumbu Ini Sangat Penting Dalam Masakan Jepang

Devi Setya - detikFood Senin, 15 Okt 2018 12:23 WIB
Foto: Istimewa/SoraNews
Jakarta - Aroma smokey dengan rasa umami jadi ciri khas ikan kayu ini. Sering dipakai untuk taburan salad, sup dan takoyaki, bumbu ini bikin masakan makin lezat

Bernama katsuobushi atau serpihan ikan kayu. Dijual dalam berbagai bentuk, ada yang utuh, serutan tipis hingga bentuk bubuk. Rasanya gurih umami.

Dilansir dari SoraNews 24 (15/10) katsuobushi adalah salah satu bumbu yang paling penting dalam masakan tradisional Jepang. Beberapa hidangan khas Jepang seperti okonomiyaki, takoyaki, sup miso dan udon memakai katsuobushi.
Seperti Balok Kayu Ternyata Bumbu Ini Sangat Penting Dalam Masakan JepangFoto: Istock
Kebanyakan masyarakat Jepang membeli katsuobushi utuh yang bentuknya seperti balok kayu. Bahan utama untuk membuat katsuobushi ini adalah ikan cakalang atau ikan tuna yang di Jepang dikenal dengan sebutan ikan bonito.

Di supermarket Jepang tak sulit menemukan katsuobushi utuh, salah satunya bisa ditemukan di departemen store Shinjuku, Isetan. Harganya 1.964 yen (Rp 267 ribu) untuk katsuobushi utuh seberat 209 gram.

Baca juga : Viral! Es Krim Vanilla Ditaburi Katsuobushi Kayak Apa Rasanya Ya?

Katsuobushi utuh ini biasanya diandalkan oleh chef profesional. Untuk menggunakannya, katsuobushi utuh yang teksturnya keras ini harus diparut terlebih dulu menggunakan kezuriki. Namun kalau tidak ada, katsuobushi bisa diserut dengan pisau atau pengupas kulit sayuran, meskipun hasilnya tidak terlalu bagus.
Seperti Balok Kayu Ternyata Bumbu Ini Sangat Penting Dalam Masakan JepangFoto: Istock
Menyerut katsuobushi dengan pisau memang dibutuhkan tenaga ekstra. Pasalnya katsuobushi utuh tidak mudah diiris. Saat sudah diiris juga katsuobushi tidak terlalu terlihat cantik kayaknya yang dijual dalam bentuk irisan. Warnanya cenderung lebih cokelat gelap.

Warna dan tampilannya memang tidak terlalu menarik tapi katsuobushi utuh ini punya rasa dan aroma yang jauh lebih kuat. Jenis ini cocok dijadikan bumbu masakan campuran karena rasanya jauh lebih gurih dan bikin masakan makin enak.

Katsuobushi bisa dikatakan sebagai salah satu bumbu masak legendaris karena sudah mulai digunakan sejak sebelum zaman Edo. Karena bentuknya seperti kayu, katsuobushi juga dikenal dengan sebutan ikan kayu.
Seperti Balok Kayu Ternyata Bumbu Ini Sangat Penting Dalam Masakan JepangFoto: Istock
Untuk membuat katsuobushi, ikan cakalang menjalani proses yang panjang mulai pemilihan ikan, membelah daging ikan, perebusan dan diasap hingga kering. Setelah kering biasanya katsuobushi juga menjalani proses pengapangan alami dengan kapang aspergillus.

Meskipun permukaannya diberi kapang tapi setelah proses selesai, kapang yang tumbuh di permukaan katsuobushi akan dibersihkan. Kapang ini fungsinya adalah untuk membuat daging ikan menjadi keras dan kering seperti kayu.

Baca juga : Tren Baru, Sayuran dan Katsuobushi Diseduh Layaknya Kopi!

Dilansir dari Tokyo Foundation, di Jepang ada beberapa daerah penghasil katsuobushi yang terkenal. Beberapa diantaranya adalah Makurazaki-shi di Kagoshima Prefecture. Daerah ini dikenal sebagai penghasil katsuobushi terbesar.
Seperti Balok Kayu Ternyata Bumbu Ini Sangat Penting Dalam Masakan JepangFoto: Istock
Selain membuat makanan menjadi lebih lezat, katsuobushi juga mengandung banyak nutrisi mulai dari kalsium, protein, lemak dan vitamin D dan mineral.

Di Indonesia mulai banyak produsen katsuobushi lokal yang membuatnya dari ikan cakalang. Katsuobushi lokal ini banyak dijual secara online dengan kemasan dan harga yang bervarian. Di beberapa online shop untuk katsuobushi lokal kemasan 100 gr harganya sekitar Rp 21 ribu hingga Rp 39 ribu.

Mirip dengan katsuobushi Jepang, di Indonesia juga ada ikan kayu yang banyak diproduksi di Aceh. Ikan ini dikenal dengan sebutan keumamah dan dahulu diandalkan sebagai bekal makanan saat perang. Pengolahan ikan kayu memang mengadaptasi katsuobushi khas Negeri Sakura.

Ikan kayu khas Indonesia ini terbuat dari jenis ikan tongkol yang proses pembuatannya sama dengan katsuobushi, hasilnya juga mirip. Selain ditambah sebagai bumbu, ikan kayu di Aceh juga banyak dimasak sebagai makanan.




Tonton juga 'Sedap! Nasi Goreng Cakalang dengan 3 Jenis Sate':

[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com