Tren Baru, Sayuran dan Katsuobushi Diseduh Layaknya Kopi!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 27 Nov 2017 09:33 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Jepang selalu menghadirkan tren makanan baru. Kali ini ada sayuran kering dan katsuobushi yang diseduh seperti kopi. Kayak apa ya?

Warga Jepang punya banyak pilihan jika ingin menenggak minuman kopi. Mulai dari kopi kalengan di vending machine hingga kopi yang diseduh dengan metode pour-over di kafe.

Nah, kalau bosan kopi, kini ada minuman yang penyajiannya mirip pour-over coffee. Hanya saja bukan biji kopi yang diseduh, melainkan sayuran dan lembaran katsuobushi tuna.

Tren Baru, Sayuran dan Katsuobushi Diseduh Layaknya Kopi!Foto: Istimewa

Dikabarkan Sora News 24 (27/11), adalah perusahaan On The Umami yang memperkenalkan konsep tersebut. Alih-alih biji kopi, perusahaan menggunakan sayuran kering seperti bawang, wortel, seledri, kentang dan jahe untuk menghasilkan secangkir dashi hangat.

Dashi meupakan kaldu gurih yang banyak dipakai untuk beragam hidangan Jepang. Perusahaan menjamin tiap tuangan dashi memiliki rasa maksimal.

Tren Baru, Sayuran dan Katsuobushi Diseduh Layaknya Kopi!Foto: Istimewa

Untuk menyeduhnya, pertama lembaran katsuobushi di taruh di kertas filter dengan sayuran kering. Selanjutnya, air panas dituangkan mengelilingi kertas filter.

Proses ini menghasilkan asam glutamat dari sayuran dan asam inosinic dari tuna. Keduanya diyakini menciptakan racikan dashi yang enak dan bernutrisi.

Pengunjung tak perlu repot menyeduh dashi karena pegawai kafe Shinjuku Marui Honkan yang akan melakukannya. Tiap cangkir dashi akan diseduh untuk tiap orang.

Tren Baru, Sayuran dan Katsuobushi Diseduh Layaknya Kopi!Foto: Istimewa

Dijual sekitar 200 yen (Rp 24.000), minuman dengan sebutan drip dashi ini tidak mengandung perasa tambahan, bahan pengawet ataupun kafein. Menjadikan banyak orang memilih drip dashi sebagai pengganti kopi.

Drip dashi tinggi kandungan glycine dan tryptophan, dua asam amino yang bantu membuat otot-otot lebih rileks. Selain diminum langsung, drip dashi juga enak ditambahkan dalam banyak sajian.

Nah, tertarik coba? Minuman ini dijual di On The Unami, Shinjuku Marui Honkan, Tokyo. Jangan sampai kelewatan mencicip minuman bernutrisi yang murah di Jepang ini. (adr/lus)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com